Ekonomi

Alpukat Giri Maju Diserang Hama Kutu Putih, Pemprov Sumbar Diminta Turun Tangan

191
×

Alpukat Giri Maju Diserang Hama Kutu Putih, Pemprov Sumbar Diminta Turun Tangan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi saat meresmikan Pabrik Gudang Produksi Alpukat di Nagari Giri Maju, saat kunjungan kerjanya di Kabupaten Pasbar, Senin (05/02/2024).Ist

PASBAR-Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, berharap agar kualitas dan kuantitas produk alpukat di Nagari Giri Maju, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali ditingkatkan.

Untuk itu, berbagai persoalan yang dirasakan petani saat ini harus segera ditemukan solusinya.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat meresmikan Pabrik Gudang Produksi Alpukat di Nagari Giri Maju, saat kunjungan kerjanya di Kabupaten Pasbar, Senin (05/02/2024).

Ia meminta jajaran dinas terkait di Pemprov Sumbar segera turun mencarikan solusi atas persoalan yang mendera petani alpukat di nagari tersebut.

“Berdasarkan informasi dari warga, hama kutu putih menjadi penyebab utama menurunnya kuantitas dan kualitas alpukat di sini. Oleh karena itu, saya minta ini segera dicari solusinya. Selain itu, masalah mesin pengolahan yang rusak, itu juga harus segera ditindaklanjuti,” ucapnya.

BACA JUGA  Kota Bukittinggi Masuk Peringkat 3 Nasional Indeks Ketahanan Pangan 2021 

Perhatian serius perlu diberikan, sambung Gubernur, karena produk alpukat di Nagari Giri Maju kualitasnya sangat bagus. Bahkan, sudah pernah mengisi kebutuhan alpukat pada perhelatan Sea Games.

Oleh karena itu, sangat disayangkan jika produk alpukat tersebut tidak dipertahankan kualitas dan kuantitasnya.

“Saya minta dalam minggu ini sudah jelas langkah-langkah yang akan diambil untuk mengatasi persoalan yang mendera petani kita di sini. Termasuk untuk hilirisasi produk alpukat. Harus dikembangkan sebaik-baiknya. Jangan lupa juga untuk membangun komunikasi dengan dinas terkait di Pemkab Pasbar,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan dari Alpatni selaku Tokoh Masyarakat setempat, saat ini perkebunan alpukat yang cukup luas di Nagari Giri Maju memang tengah diserang oleh hama kutu putih.

BACA JUGA  Tanah Ulayat dan Hutan Lindung jadi Kendala Investasi di Sumbar

Bahkan, penurunan kuantitas produksi mencapai 60 persen sejak hama menyerang. Oleh karenanya, masyarakat sangat berharap pemerintah dapat membantu mencarikan solusi.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan Bapak Gubernur beserta jajaran, serta kesediaan menindaklanjuti masalah yang kami hadapi saat ini di Giri Maju,” ucap Alpatni.

Comment