Nasional

Prajurit TNI Meninggal Ditembak KKB Gugur sebagai Syahid

423
×

Prajurit TNI Meninggal Ditembak KKB Gugur sebagai Syahid

Sebarkan artikel ini
Upacara Persemayaman dan Pemberangkatan jenazah Kopral II (Kopda) Hendrianto di Markas Korem 032/Wirabraja, Rabu (27/12/2023).Ist

PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada Upacara Persemayaman dan Pemberangkatan jenazah Kopral II (Kopda) Hendrianto di Markas Korem 032/Wirabraja, Rabu (27/12/2023).

Gubernur mendoakan almarhum gugur sebagai syahid, dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi ketabahaan dan kesabaran.

Kopda Hendrianto merupakan Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 133/Yudha Sakti yang gugur dalam tugas pengamanan di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Senin (25/12/2023) lalu.

Almarhum gugur saat terjadinya aksi penyerangan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ke Pos Pengamanan Bousah, Kampung Bousah, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat.

“Telah gugur salah seorang prajurit terbaik bangsa. Prajurit yang berjuang menjaga kedaulatan NKRI. Sehingga, selayaknya almarhum menjadi syahid. Mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah. InsyaAllah,” ucap Gubernur Mahyeldi saat pelepasan jenazah menuju tempat peristirahatan terakhir di kampung halamannya, Kerinci, Provinsi Jambi.

BACA JUGA  Danlantamal II Saksikan Demo Ketangkasan Genderang Seruling Gita Jala Taruna AAL di Mako Lantamal 

Mewakili pemerintah dan masyarakat Sumbar, Gubernur Mahyeldi mengucapkan turut berbelasungkawa atas kepergian almarhum, dan berdoa agar Allah memberikan kesabaran dan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Mari kita lepas almarhum dengan ikhlas, serta dengan kekuatan iman,” ucap Gubernur lagi.

Wujud pengorbanan Kopda Hendrianto bagi bangsa dan Negara, sambung Gubernur, patut menjadi teladan dan contoh dalam mengabdikan diri bagi keutuhan NKRI.

Di samping itu, Gubernur mengajak seluruh masyarakat terus mendoakan para prajurit yang tengah berada di medan tugas, agar senantiasa diberi perlindungan oleh Allah SWT.

Sebelumnya pada November lalu, Gubernur Sumbar Mahyeldi beserta jajaran Forkopimda Sumbar, sempat bertolak ke Papua Barat Daya dan mengunjungi para prajurit yang tengah bertugas di beberapa pos pengamanan.

BACA JUGA  Pasca Liburan Idul Adha, Lantamal II Lanjutkan Serbuan Vaksinasi Terhadap Masyarakat Maritim 

“Dalam kunjungan saat itu, situasi cenderung kondusif. Para prajurit melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan demi bangsa dan Negara,” ucap Gubernur lagi.

Comment