Budaya

Didukung Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri, WSPAM Pertemukan 8 Sanggar Seni dengan Buyers Luar Negeri

613
×

Didukung Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri, WSPAM Pertemukan 8 Sanggar Seni dengan Buyers Luar Negeri

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman saat ekspos West Sumatera Performing Art Market (WSPAM), Kamis (14/9/2023).ist

PADANG – West Sumatera Performing Art Market (WSPAM) digelar 21-23 September 2023 di Sanggar Tari Nan Jombang, Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Padang. Pasar pertunjukan seni ini hasil kolaborasi Sanggar Tari Nan Jombang dengan Dinas Pariwisata Sumbar dan anggota DPRD Sumbar Evi Yandry Rajo Budiman.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda didampingi Ketua WSPAM dan pemilik Sanggar Tari Nan Jombang, Ery Mefry, mengatakan bahwa WSPAM merupakan inovasi yang memberi ruang pada seniman untuk mengekspresikan diri di hadapan kurator dan buyers dari luar negeri.

“Di WSPAM kita mendatangkan buyers dari luar negeri untuk menyaksikan kreasi seniman Sumbar. Buyers inilah yang akan membawa kelompok seni Sumbar untuk tampil di negara mereka,” ujar Luhur Budianda, Kamis (14/9/2023).

BACA JUGA  Ikut Pemerintah Pusat, Pemprov Sumbar Selenggarakan Sholat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur

Dikatakan Luhur, sanggar Darak Badarak yang sukses meraih Runner Up Indonesia’s Got Talent, adalah lulusan akademi WSPAM pertama.

“Semoga di WSPAM kedua ini, juga melahirkan sanggar dan kelompok seni yang akan mengharumkan nama daerah di kancah dunia,” ujarnya.

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar, Evi Yandry Rajo Budiman menyampaikan bahwa support terhadap kegiatan-kegiatan seni bukanlah hal baru.

“Bahkan tahun ini, ada 2 kegiatan kesenian yang kami support. Selain WSPAM, nanti pada November 2023 ada Festival Kesenian Tradisi yang digelar outdoor,” ujar Evi Yandry.

Ketua WSPAM Ery Mefry menjelaskan bahwa ide penyelenggaraan WSPAM diawali dari iven Kementerian Pariwisata tahun 2018/2019 lalu di Bali. Iven yang dinamai Indonesian Performing Art Market (IPAM) mengundang penonton dari berbagai negara.

BACA JUGA  Pentingnya Membangun Budaya Gotong Royong Membangun Nagari 

“Saat itu Kementerian Pariwisata mengundang buyers dari 32 negara. Mereka inilah yang menonton pertunjukan. Namun, sudah 6 kali Iven itu, yang diundang tampil ke berbagai negara hanya Sanggar Tari Nan Jombang,” ujar Ery Mefry.

Berangkat dari pengalaman itu, lanjut Ery Mefry, muncul keinginan untuk menggelar iven serupa di Sumbar. Tahun 2022 lalu ada buyers dari 8 negara yang hadir menyaksikan WSPAM pertama.

“Nan Jombang sangat gembira dan bahagia, untuk kegiatan WSPAM 2023 ini tidak saja didukung oleh Dinas Pariwisata Sumbar, tapi juga lewat Pokir Anggota DPRD Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman. Makasih Pak Evi,” ujar sang maestro koreografer ini.

Comment