Olahraga

Pelatih Asal Minangkabau Lepas Dahaga 32 Tahun Juara Sepakbola Indonesia di SEA Games Kamboja

354
×

Pelatih Asal Minangkabau Lepas Dahaga 32 Tahun Juara Sepakbola Indonesia di SEA Games Kamboja

Sebarkan artikel ini
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri. (Foto: PSSI)

PADANG – Akhirnya Indonesia mengukir sejarah dalam cabang olahraga sepakbola SEA Games, Garuda Muda berhasil mempersembahkan medali emas setelah berhasil menundukan Thailan di final melalui babak perpanjangan waktu.

Partai Final yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) berakhir dengan skor 5-2 untuk Garuda Muda — julukan Timnas Indonesia U-22.

Pemain yang menjadi pahlawan Indonesia dalam pertandingan tersebut, Ramadhan Sananta membawa Indonesia unggul pada babak pertama lewat gol-golnya pada menit ke-21 dan 45+5. Namun, Thailand menyamakan skor melalui Anan Yodsangwal (65′) dan Yotsangkorn Burapha (90+7′).
Melalui gol-gol Irfan Jauhari (91′), Fajar Fathur Rahman (107′), dan Beckham Putra (120′) memastikan kemenangan Timnas Indonesia U-22. Dengan demikian, Indonesia meraih emas ke-87 di SEA Games 2023.

BACA JUGA  Genta Alparedo, Putra Pauh IX Kuranji Dipanggil TC Timnas U-19

Diketahui, Timnas Garuda pada SEA Games Kamboja dilatih oleh pelatih asal Sumatera Barat. Yakni, Indra Sjafri asal Pesisir Selatan.

Kejutan yang diberikan putra Minang itu tidak hanya malam tadi, tapi sejumlah rangkaian prestasinya ditingkat timnas cukup mencengangkan.

Namanya mulai dikenal ketia berhasil mengantar Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF 2013 di Sidoarjo. Melalui filosofi Pepepa (pendek-pendek-panjang), Indra berhasil menyulap timnas remaja U-19 tampil atraktif. Evan Dimas dan kawan-kawan sukses menaklukkan Vietnam 7-6 lewat drama adu penalti.

Enam tahun berselang, Indra Sjafri juga sukses membawa Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. Kala itu Marinus Wanewar dkk sukses membungkam Thailand 2-1 di laga pamungkas.

BACA JUGA  Wagub Sumbar, TdS Simbol dari Event Promosi Wisata Sumbar

Sayang, pelatih kelahiran Lubuk Nyiur itu gagal melanjutkan tren positif di SEA Games 2019. Pasukan Garuda Muda dipaksa menyerah 0-3 dari Vietnam pada partai final di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Sempat ditunjuk sebagai asisten pelatih Shin Tae Yong pada akhir 2019, Indra Sjafri kemudian diberikan kepercayaan menjadi Direktur Teknik PSSI menggantikan peran Danurwindo.

Eks pelatih Bali United itu kemudian kembali dipercaya menangani Timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2023.

Comment