Ekonomi

Kenaikan BBM Seret Harga Barang, Masyarakat Kecil Tapakiek

174
×

Kenaikan BBM Seret Harga Barang, Masyarakat Kecil Tapakiek

Sebarkan artikel ini

PADANG-Pasca kenaikan harga BBM, tak terbantahkan sehingga menarik gerbong naiknya harga kebutuhan pokok terutama Sembako. Sehingga membuat heboh gosip para ibu rumah tangga dengan tetangganya setiap pagi

“Kenaikan BBM (bahan bakar minyak) kemarin, harga lado (cabai-red) yang sebelum mulai turun, kini mulai melejit naik,” tutur Nen (49), salah seorang ibu rumah tangga (IRT) di salah Komplek di Kecamatan Kuranji Kota Padang, Selasa (6/9/2022).

Memang tak terbantahkan, kenaikan BBM memang menyeret gerbong kenaikan harga barang barang kebutuhan pokok. Juga memicu kenaikan harga barang lainnya. Termasuk sewa dan jasa lainya.

Namun, kenaikan harga kebutuhan sehari hari, tidak berbanding lurus dengan penghasilan mayarakat. Terutama masyarakat yang berpenghasilan rendah kategori masyarakat menengah ke bawah. Karena barusan saja dihantam dampak dari badai pandemi Covid-19. Tentu bencana non alam Covid-19 ini memporakporandakan sendi sendi ekonomi mayarakat. Pandemi mulai melandai sejak beberapa bulan belakangan.

BACA JUGA  FGD Lantamal II Stimulus Bagi Pelaku Usaha Keramba Ikan Kerapu di Pesisir Sumbar 

Tapi, awal September 2022 ini masyarakat terhenyak dengan naiknya harga BBM, yang mutlak menyeret harga barang barang. Sehingga beban hidup terasa berat. Dan kontan saja masyarakat kecil cukup tapakiek dengan dampak kenaikan harga BBM. “Keluarga dari dampak ekonomi pandemi Covid-19, sekarang dihadapkan dengan berat kehidupan karena dampak kebijakan kenaikan harga BBM,” keluh Ita (46), warga kota di perumahan di kawasan Kecamatan Kuranji.

Baiak Nen maupun Ita, kalau pun pemerintah memberikan subsidi bantuan tunai, namun bantuan tersebut tidak menanggulangi masalah. Bantuan, hanya sekali sedangkan kebutuhan masyarakat setiap hati hingga ke depan. Sepintar pintarnya pemerintah mengambil kebijakan menaikkan BBM, yang paling terdampak dan merasakan adalah masyarakat kecil. (drd)

BACA JUGA  Sumbar Sebar Bantuan Ternak bagi 315 Kelompok Selama 2021

Comment