Budaya

Irwan Basir Dt Rj Alam, Lepas  Almarhumah Murni ke Peristirahatan Terakhir.

237
×

Irwan Basir Dt Rj Alam, Lepas  Almarhumah Murni ke Peristirahatan Terakhir.

Sebarkan artikel ini

PADANG – Indak dapek sakandak padi. Sakam balah dalam parahu. Indak dapek sakandak hati. Kandak Allah juo nan balaku.

Kehidupan di dunia ini sudah ada yang menentukan dan batasnya adalah kematian. Kematian sudah menjadi kehendak Allah i setiap makhluk-Nya. Kematian adalah salah satu musibah yang sudah menjadi ketentuan Allah kepada insan.

Demikian disampaikan ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH MM dalam pidatonya saat melepas jenazah Almarhumah Murni suku Koto yang meninggal di usia 73 tahun, Sabtu, (18/6/2022) di rumah duka di Lakuk Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Penghulu suku Jambak nan Batujuah ini mengatakan, hidup di atas dunia ini hanya lah sementara. Karena hanya sebentar maka pergunakan hidup itu hanya untuk beribadah kepada Allah Swt. Ada kehidupan yang lebih panjang yaitu di akhirat. Jadi pergunakanlah waktu yang diberikan kepada kita dengan sebaik-baiknya sebelum nanti maut datang menjemput.

BACA JUGA  Gelisah Nasib Hutan 30 Tahun Mendatang, Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Ciptakan Lagu

” Maut tidak akan memilih lagi siapa yang akan didatanginya. Walau itu pejabat, orang berpangkat, orang kaya, orang miskin, Tua atau muda, jika ketentuan sudah datang sedetik pun kita tidak bisa lari darinya. Kullun nafshin dzaikatul maut. Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Itu sudah menjadi ketentuan Allah Swt “, ujar Irwan Basir .

Irwan Basir yang juga ketua DPD LPM Kota Padang ini juga mengatakan kematian merupakan adalah pelajaran bagi kita. Mungkin saat ini Almarhumah ibu Murni yang berbaring di hadapan kita. Hari ini kita yang datang kerumah duka ini untuk melayatnya. Suatu saat nanti mungkin kita yang terbaring dihadapan para pelayat yang datang kerumah kita. Ini lah pelajaran bagi kita kalau kehidupan di atas dunia ini tidaklah selamanya dan ada waktunya kita kembali menghadap kepada-Nya.

BACA JUGA  Barongsai Tampil Pamungkas di PKD Sumbar 2021

” Jadi memang tidak ada yang perlu kita banggakan di atas dunia ini. Baik itu pangkat, jabatan, kekayaan semuanya tidak akan dibawa disaat ajal datang menjemput. Hanya amal ibadah yang kita lakukan selama didunia ini yang akan kita bawa nantinya”, ucap Irwan Basir.

Comment