Ekonomi

Jaga Kualitas, Pemprov Sumbar Siapkan Perda Gambir

282
×

Jaga Kualitas, Pemprov Sumbar Siapkan Perda Gambir

Sebarkan artikel ini
FOTO: Kadis Pertanian dan Hortikulutura, Syafrizal.ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mempersiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang peningkatan kualitas gambir. Dengan peraturan itu nantinya kualitas gambir yang diproduksi petani menjadi lebih baik.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Sumbar Syafrizal mengatakan saat ini Pergub tengah dipersiapkan yakni menuliskan sejumlah poin-poin aturan yang dicantumkan.

“Kita hanya mengatur bagaimana produksi. Seperti tidak boleh menjual daun, mencapur gambir. Karena kita tidak bisa mengatur harga komoditas gambir ini. Karena harga itu pasar yang menentukan,” katanya, Selasa (24/5).

Kendati tidak bisa mengatur harga dari Pergub itu, namun petani Sumbar bisa meraih harga yang lebih baik, dengan cara meningkatkan kualitas gambir yang diproduksi.

BACA JUGA  Jangan dengan Karung Lagi, Beras Solok Premium Harus Dikemas Menarik

Pria yang akrab disapa Jejeng ini menyebutkan Pergub tersebut nantinya akan bisa menjadi pedoman oleh petani dan eksportir. Dimana secara jelas Pergub itu akan mengedepankan soal peningkatan kualitas.

“Jadi kalau Pergub itu disahkan, maka yang perlu dipahami oleh petani yakni gambir itu tidak boleh lagi dicampur, baik itu dicampur oleh pupuk, tanah, pasir, dan benda-benda lainnya. Serta tidak diperbolehkan jual gambir dalam bentuk daun,” tegasnya.

Menurutnya selama ini yang ditemukan di lapangan dan yang dikeluhkan oleh eksportir adalah kualitas gambir di Sumbar ini amat buruk. Karena banyak ditemukan bercampur pupuk dan tanah. Akibatnya eksportir hanya mampu membeli harga gambir Sumbar dengan harga yang rendah.

BACA JUGA  Kota Padang Resmi turun ke Level 3 PPKM Luar Jawa Bali

“Makanya dengan adanya Pergub itu petani yang kita dorong untuk memperbaiki kualitas,” ujarnya.

Jejeng menyatakan bila nanti petani telah memperbaiki kualitas, maka dapat dipastikan harga gambir bakal naik. “Karena sebelumnya telah ada komitmen dari eksportir, kalau kualitas gambir di Sumbar sudah bagus, harga yang akan ditawarkan lebih baik dari saat ini,” ucap dia.
Jika kualitas gambir di Sumbar sudah sama semuanya, tidak ada alasan lagi bagi eksportir untuk menekan harga. Tapi bila masih ditemukan permainan harga, maka sesuai dengan Pergub itu, Pemprov Sumbar bisa mengambil langkah tegas terhadap eksportir.

Comment