Nasional

Paparkan Sejarah PDRI, Kemendagri Puji Gubernur Mahyeldi

212
×

Paparkan Sejarah PDRI, Kemendagri Puji Gubernur Mahyeldi

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi menjadi narasumber Webinar Makna Hari Bela Negara Untuk Eksistensi NKRI dengan tema "Sejarah PDRI Sebagai Cikal Bakal Hari Bela Negara," Rabu (22/12).ist

PADANG – Gubernur Mahyeldi menjadi narasumber Webinar Makna Hari Bela Negara Untuk Eksistensi NKRI dengan tema “Sejarah PDRI Sebagai Cikal Bakal Hari Bela Negara,” Rabu (22/12) di Situation Room, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta.

Dalam webinar yang dibuka oleh Dirjen Poltik & PUM, Dr. Bahtiar, itu gubernur Mahyeldi memaparkan secara lengkap dan runut tentang sejarah Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) sebagai penyambung nyawa NKRI. Ketika Indonesia disebut tidak ada lagi setelah Soekarno-Hatta ditangkap dan diasingkan oleh penjajah dalam agresi militer belanda ke-2 di Yogyakarta.

Mahyeldi menegaskan, PDRI yang umurnya hanya 207 hari itu menjadi penentu nasib bangsa Indonesia pada waktu itu. Pada saat itu, kata Gubernur, Ibukota dikuasai oleh penjajah, dan Soekarno dan Hatta ditawan, sehingga Penjajah belanda menyebut Indonesia sudah tamat.

BACA JUGA  Hansastri Ditetapkan  Jabat Sekdaprov Sumbar

“Pasca proklamasi, tercatat ada 11 peristiwa besar di Indonesia dan salah satunya adalah PDRI. PDRI adalah penyambung nyawa Indonesia. Jika tidak ada PDRI, tamatlah Indonesia,” ujar Buya Mahyeldi.

Ditambahkan gubernur, sangat banyak pelajaran penting dari peristiwa PDRI bagi generasi muda dalam rangka meningkatkan semangat nasionalisme dan semangat bela negara.

Semangat berkorban para tokohnya, semangat membantu masyarakatnya hingga teladan yang ditunjukkan Ketua PDRI MR. Syafruddin Prawiranegara saat menyerahkan mandat kekuasaan kembali kepada Soekarno.

Pemaparan Gubernur mendapat apresiasi dari Sekretaris Ditjen Poltik & PUM, Dr. Imran. Menurutnya gubernur Mahyeldi sangat mengerti dan paham sekali mengenai sejarah PDRI sehingga bisa memaparkan dengan lengkap dan runut.

BACA JUGA  Danlantamal II Ikuti Rapim Virtual, Kasal: Tahun 2021 Diharapkan Lebih Baik dari 2020 

Tampil sebagai narasumber lain dalam webinar ini Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca, Dr. Adin Bondar, Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Drs. Zulkifli, dan dari kalangan akademisi, Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd.(Bdr)

Comment