Budaya

Raih Penghargaan Tokoh Masyarakat Adat, Bundo Raudha Thaib terima Pin Emas dari Kemendikbud

413
×

Raih Penghargaan Tokoh Masyarakat Adat, Bundo Raudha Thaib terima Pin Emas dari Kemendikbud

Sebarkan artikel ini
Tokoh masyarakat adat Raudhatuljannah Thaib atau dikenal Bundo Raudha Thaib.ist

PADANG – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan pada Raudhatuljannah
Thaib atau dikenal Bundo Raudha Thaib. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk peran Bundo Raudha Thaib dalam mempertahankan masyarakat adat.

“Alhamdulillah, salah satu tokoh Bundo Kanduang kita, orang Minang memperoleh penghargaan dari Mendikbud,”sebut Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gemala Ranti Kamis, (2/12).

Disebutkannya, penghargaan tersebut diberikan pemerintah karena kontribusi Bundo Raudah Thaib terhadap masyarakat adat di Sumbar. Kontribusi itu terlihat dalam berbagai kiprahnya terlibat langsung dalam masyarakat.

“Beliau memang banyak menyelesaikan masalah-masalah adat dan aktif langsung di masyarakat,”sebut Gemala.

Dipaparkannya, tim dari Kemendikbud melakukan berbagai penilaian untuk memberikan penghargaan tersebut. Meninjau langsung ke lapangan. Seperti menanyakan langsung pada Gubernur Mahyeldi, Bupati Tanah Datar dan masyarakat di Tanah Datar.

BACA JUGA  Hadiri Malewakan Gala, Mahyeldi Sebut Kapolresta Padang bisa Jadi Teladan Restoratif

Dengan itu, maka kiprah dan kontribusi Bundo Raudha Thaib dapat dikenali langsung oleh tim Kemendikbud. Sehingga memang layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

“Jadi indikatornya berat, dan tim melakukan verifikasi faktual ke lapangan. Tidak hanya berdasarkan laporan tertulis saja,”ujarnya.

Diungkapnnya, awalnya Dinas Kebudayaan Sumbar mengusulkan dua nama untuk memperoleh penghargaan tersebut. Pertama Bundo Raudha Thaib, kedua Datuk Yus Parpatih Nan Sabatang.

Kemudian dari dua nama tersebut, nama Bundo Raudha Thaib lebih menarik. Selain kiprahnya memang dari awal ada di Sumbar, sebagai daerah yang menganut sistem kekerabatan Matrilineal, Bundo Raudha Thaib dianggap lebih tepat.

“Alhamdulillah, akhirnya bundo menerima penghargaan tersebut, karena memang layak,”ujarnya.

BACA JUGA  Hibah Sekretariat KAN, Syafrial Kani Sebut Tak Elok Ninik Mamak Bolak - balik Ngurusnya

Bundo Raudha Thaib menerima Penghargaan Bidang Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan Masyarakat Adat Kategori Tokoh Masyarakat Adat dari Kemendikbud. Penghargaan tersebut dituangkan dalam SK Kemendikbud Nomor 379/P/2021 tertanggal 29 November 2021 tentang Penerima Penghargaan di Bidang Kebudayaan 2021.

Comment