Budaya

Saluang Pauh Mempererat Tali Silaturahmi Masyarakat dengan Tokohnya

121
×

Saluang Pauh Mempererat Tali Silaturahmi Masyarakat dengan Tokohnya

Sebarkan artikel ini

PADANG–Seni tradisi Saluang Pauh bisa menjadi wadah memperkokoh tali silaturahmi tokoh mayarakat dengan masyarakatnya. Malam Basaluang Pauh ini digelar di Kampuang Tanjuang Taruko Kalumbuk Kuranji, Jumat malam (15/10 /2021). Kegiatan tersebut digagas LKAAM Kecamatan Kuranji di bawah Komando Hendri Yazid Dt Rajo Diguci, guna melestarikan nilai adat dan budaya.

Salaung Pauh digawangi Zamzami, yang dibekup tukang saluangnya Afrizal Lolit Tan Mangkuto dibantu Uwan. Zamzami ini merupakan pelanjut mendiang pemain Saluang Pauh Sibur Si Rabun.

Ketua MPA KAN Pauh IX sekaligus tokoh masyarakat Kota Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam mengapresiasi, kegiatan Saluang Pauh yang dihelat LKAAM Kecamatan Kuranji, yang sekaligus mestarikan kesenian seni tradisi Pauh, yang nyaris tergerus arus global. “Selain itu seni tradisi Saluang Pauh ini merupakan bagian dari nilai nilai kearifan lokal, yang bisa meningkatkan silaturahmi masyarakat dengan tokohnya,” ujar Irwan.

BACA JUGA  Puluhan Perantau Lengayang Merajut Silaturahmi Sambil Mendengarkan Siraman Rohani¬†

Dikatakan Irwan, keberadaan organisasi jangan jadi wadah mengadu domba dan perpecahan, akan tetapi jadikanlah organisasi sebagai menyatukan silaturahmi pengurusnya. Serta meningkatkan kesatuan persatuan semua unsur yang ada dalam nagari.

Ketua LKAAM Kecamatan Kuranji Hendri Yazid Dt Rajo Diguci mengatakan, pelestarian seni tradisi saluang Pauh ini merupakan bagian dari tugas dan pokok (Tupoksi) dari LKAAM. “Karena Tupoksi dari LKAAM tersebut merupakan melakukan pelestarian dan pembinaan tersebut nilai- nilai adat budaya agar tak Lalang dek paneh dan Lapuk dek hujan,” ujar Hendri. (rjk)

Comment