Peristiwa

Digelar Masa Pandemi, Ujian Pra ALB INI Tanah Datar Patuhi Prokes Covid-19

138
×

Digelar Masa Pandemi, Ujian Pra ALB INI Tanah Datar Patuhi Prokes Covid-19

Sebarkan artikel ini
Panitia Pra ALB INI Tanah Datar memastikan peserta memenuhi persyaratan untuk mengikuti pra ALB, selain persyaratan administrasi termasuk prokes Covid-19.ist

PADANG – Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil INI) Sumbar terus melakukan pembinaan dan tahapan menjadi notaris. Dengan melalui tahapan tersebut diharapkan lahir notaris yang handal dan berintegritas.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Pengwil INI Sumbar, Ruri Meutia pada Ujian Pra Anggota Luar Biasa (ALB) yang digelar Pengurus Daerah INI Tanah Datar di Kota Padang Panjang, Sabtu (21/11/2020).

Dikatakannya, untuk menjadi menjadi notaris memang membutuhkan tahapan panjang. Semua itu sudah diatur oleh peraturan Kemenkum HAM dan peraturan perkumpulan INI sendiri.

“Kami merasa bertanggung jawab menyiapkan calon notaris yang siap pakai dan berintelektual. Untuk itu dengan kegiatan ini diharapkan para calon notaris serius dalam meningkatkan pemahamannya atas Kode etik notaris maupun aplikasinya,” ujarnya didampingi Ketua Pengda INI Tanah Datar Widia Susanti, SH.MKn.

BACA JUGA  APBD P TA Bukittinggi TA 2023 Ketok Palu

Dijelaskan, pelaksanaan ALB tersebut merupakan kebijakan dari Pengwil INI Sumbar yang mengharuskan Pengda INI di daerah untuk melaksanakan ujian Pra ALB. Langkah itu menjadi inisiatif INI Sumbar mematuhi arahan pemerintah dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sehingga dengan itu, jumlah peserta tidak menumpuk banyak jika dilaksanakan oleh Pengwil INI.

“Ini salah satu kebijakan kita. Jika kita menggelar satu tempat untuk seluruh Sumbar, kemungkinan pesertanya akan banyak. Jelas ini akan sulit melaksanakan protokol kesehatan. Jika dilaksanakan oleh Pengda INI masing-masing jumlah cenderung sedikit,”ujarnya.

Selain itu, kebijakan itu juga merupakan kewajiban INI Sumbar untuk membantu calon notaris memenuhi persyaratannya. Meski dalam masa pandemi covid-19, tahapan calon notaris jangan pula terhenti karena pandemi.

BACA JUGA  Kebakaran di Kinali, Rumah dan Mobil Hangus

“Kita juga tidak ingin kawan-kawan calon notaris itu harus menunggu lama untuk memenuhi persyaratan menjadi notaris, karena terhalang pandemi,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, ujian Pra ALB diikuti hanya 5 orang. Semua tahapan mengikuti protokol kesehatan covid-19. Selain wajib, cuci tangan, pakai masker, jaga jarak. Panitia juga menerapkan pemantauan suhu badan dengan thermogun dan rapid test.(Bdr)

Comment