Politik

Kurangi Angka Pengangguran, Ninik Mamak di Solsel Bantu Nasrul Abit Lahan untuk Dikelola

129
×

Kurangi Angka Pengangguran, Ninik Mamak di Solsel Bantu Nasrul Abit Lahan untuk Dikelola

Sebarkan artikel ini
Pertemuan Calon Gubernur dari Partai Gerindra Nasrul Abit dengan warga Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuhan, Kabupaten Solok Selatan, Senin 26 Oktober 2020.ist

SOLSEL– Ninik Mamak Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuhan, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), menyediakan lahan pertanian produktif seluas 8 ribu hektare untuk membantu calon Gubernur, Nasrul Abit. Lahan tersebut bisa dimanfaatkan guna program pengentasan masyarakat dari kemiskinan di daerah tersebut.

“Nagari kami ini tertinggal pak. Pengangguran banyak. Tetapi kami punya tanah ulayat 8 ribu hektare. Silakan Bapak manfaatkan untuk program-program pertanian dan perkebunan,” kata salah seorang perwakilan ninik mamak, Datuak Batuah, kepada Nasrul Abit, Senin (26/10) kepada Calon Gubernur jagoan Partai Gerindra ini.

Datuak Batuah juga meminta agar infrastruktur jalan di daerahnya ikut diperbaiki. Dengan begitu, distribusi hasil pertanian bisa berjalan lancar sehingga keuntungan bisa didapat oleh petani. “Tolong kalau Bapak terpilih, itu aspal jalan provinsi harus tembus ke Kabupaten Dharmasraya. Kalau tembus, otomatis hasil bumi kami akan naik Pak,” pintanya.

BACA JUGA  Partai UKM Segera Hadir di Sumbar, Darios Darman Didapuk jadi Caretaker

Ia sangat berharap Nasrul Abit bisa terpilih menjadi gubernur Sumbar untuk lima tahun ke depan. Sebab, dari berbagai informasi yang ia dapat, Wakil Gubernur ini cukup berhasil dalam menghilangkan status daerah tertinggal di sejumlah daerah.

“Tertumpang harapan kami akan Bapak menang di pilkada nanti. Kami sudah cukup tahu sepak terjang Bapak dalam mengurus daerah tertinggal. Bapak sudah banya pengalaman,” harapnya.

Nasrul Abit berterima kasih dengan tawaran ninik mamak itu. Ia merasa sangat terbantu karena sektor pertanian atau perkebunan itu merupaan salah satu prioritas dalam program unggulannya. Begitu pula dengan pengentasan angka kemiskinan dan pengangguran.

“Ini bagian kehidupan saya. Saya masuk ke daerah tertinggal. Kemudian, mencari solusi konkrit untuk mengeluarkan daerah itu dari status daerah tertinggal,” ujar Nasrul Abit yang pernah menjadi Bupati Pessel dua periode ini.

BACA JUGA  Jelang Pileg 2024, Rizki Hariadi Tetap Bersemangat

Ia menjelaskan, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat ini sedang mencari puluhan ribu hektare lahan tidur untuk ditanami jagung sebagai upaya menjaga ketahanan pangan Indonesia. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) juga mencari lahan tidur untuk dimanfaatkan.

Comment