Budaya

Indra Catri Apresiasi Penampilan Randai Nago Sati Batu Busuk Pauh

171
×

Indra Catri Apresiasi Penampilan Randai Nago Sati Batu Busuk Pauh

Sebarkan artikel ini

PADANG – Calon Wakil Gubenur (Cawagub) Sumbar dari Partai Gerindra DR Indra Catri Dtk Malako Nan Putih hadiri undangan Group Randai Nago Sati Batu Busuk, Minggu (18/10/2020). Undangan tersebut dalam  siraturahim dan pertunjukan seni tradisi menghibur masyarakat Batu Busuk.

Dalam kesempatan tersebut, kelompok randai Nago Sati menampilkan cerita randai “Sagan Badayuang Anyuik Sarantau” .
Melihat penampilan pertunjukan randai ini, Indra Catri puji transformasi yang dilakukan Nago Sati beberapa tahun belakangan ini.
” Dulu judul randainyo Sutan Sarialam kini baganti dengan Sagan Badayuang Hayuik Sarantau.Personilnya muda dan semangat, kompak, sehati, dan chemestrinya sangat kelihatan. Salut kepada pelatih dan pengurus yang sudah melakukan banyak perbaikan.” ujar Indra Catri yang pernah menjabat kepala dinas pariwisata budaya Kota Padang.

Indra Catri menambahkan, saat ini rasanya group randai nago sati sudah menuju kesempurnaaan. para pesilatnya terampil, pedendang hebat, pemain musik lengkap dan piawai. Kalau ada yang perlu disempurnakan mungkin di bidang seni peran atau teater. Saya katakan demikian karena randai merupakan kesenian Minang yang di dalamnya mengandung seluruh unsur kesenian baik silek, tari, musik dan laku.

Melihat penampilan yang disuguhkan Nago sati saya semakin yakin bahwa randai bisa dijadikan salah satu intrumen Pendidikan berkarakter ditengah-tengah masyarakat.

Randai bisa diangap sebagai salah satu modal sosial atau sosio capital cultural yang diwariskan nenek moyang  bagi generasi penerusnya. Rasanya mengembangkan dan merawat warisan ini dengan sebaik-baiknya guna diwariskan lagi bagi generasi muda dan anak kamanakan kita. Hal ini sangat tepat dan sesuai pada konsep bersama bapak Nasrul Abit untuk menciptakan generasi muda dan sumber daya unggul sumbar.

BACA JUGA  Ummi Harneli Ingatkan Istri Kepala Daerah Soal Penanganan Stunting

Indra Catri menambahkan, pewarisan seni tradisi minangkabau menghadapi berbagai tantangan. Tentu di perlukan strategi dan program yang tepat untuk pewarisanya kepada generasi muda sumatera barat. Dibutuhkan metode pengajaran dan infrastuktur pendukung. Keberadaan dinas terkait akan difungsikan untuk merancang dan memprogram ini, koordinasi antar SKPD terkait dengan pemerintah kabupaten dan kota akan ditegaskan untuk ke depanya.

Comment