Budaya

Wagub Sumbar Apresiasi Anak Pauh IX, Karena Komit Lestarikan Seni dan Budaya

88
×

Wagub Sumbar Apresiasi Anak Pauh IX, Karena Komit Lestarikan Seni dan Budaya

Sebarkan artikel ini

PADANG-Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit Dt Malintang Panai mengapresiasi kegiatan Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 yang dilaksanakan di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang, Senin malam (3/8/2020).Katanya, kegiatan tidak terlepas dari pelestarian nilai adat dan budaya yang merupakan jati diri Rang Minang.

“Budaya ini nilai nilai yang harus kita rawat dan dilestarikan agar tidak tergerus oleh kemajuan global ini. Jadi perlu diapresiasi anak Nagari Pauh IX karena telah melestarikan seni dan budaya kita,” ujar Wagub Nasrul Abit.

Dukatakan Nasrul Abit, selain itu kegiatan PKPEK 2020 ini tetap memperhatikan protokoler kesehatan. Selama ini pemerintah disibukan dengan wabah non alam Covid-19, sehingga berpengaruh tehadap kehidupan ekonomi masyarakat. “Maka untuk itu kita tidak boleh larut dalam Covid-19, tapi kita harus kembali menata sektor ekonomi kembali. Dan salah satu kegiatan pagelaran tak terlepas membangkitkan ekonomi,” ujar Nasrul.

BACA JUGA  Momentum Maulid Nabi, Nasrul Abit Minta Anak Muda Sumbar Rajin Datangi Masjid
Wagub Sumbar Nasrul Abit, Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt Rajo Alam memukul gendang pertanda dibukanya Pagelaran Karya Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 di kantor KAN Pauh IX Kuranji

Ditambahkan wagub, kegiatan ini merupakan pagelaran seni yang terlama dilaksanakan di Sumbar iji, karena dilaksanakan lebih kurang tiga bulan. Mudah mudahan bisa berdampak ekonomi bagi masyarakat Pauh IX Kuranji Kota Padang

Karena di sektor ekonomi, masih ada sekitar 120 nagari tertinggal di Sumbar yang perlu ditingkatkan sarana dan prasarana ekonominya termasuk sektor komunikasi. Maka dibutuhkan 400 tower operator, sehingga bisa para pelajar bisa belajar during. Maka hal yang harus diselesaikan ke depan.

Ketua DPRD Sumbar melalui Waka Komisi I, Evi Yandri Rj Budiman mengatakan, dulu ninik mamak di Pauh IX Kuranji bermimpi menjadikan Medan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX sebagai pusat kegiatan seni dan tradisi kesenian nagari. Namun secara perlahan lahan hal itu Mulai terwujud sat persatu direalisasikan.

BACA JUGA  Balai Baiyo Batido Sungai Sapih Gelar Kajian dan Basurah Adat

Comment