Budaya

Duo Datuk Terlibat Goro dengan Warga Kelurahan Anduring-Lubuk Lintah

339
×

Duo Datuk Terlibat Goro dengan Warga Kelurahan Anduring-Lubuk Lintah

Sebarkan artikel ini

PADANG-Warga dua kelurahan Anduring dan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang gelar Goro bersama jalan lingkungan samping SMKN 1 Sumbar, Minggu! (7/6/2020). Goro tersebut juga dihadiri dua datuk Ketua BMPN Pauh IX M Fikar Dt Rajo Magek dan Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt Rajo Alam.

Lokasi Goro jalan umum dari Surau Balai menuju Kampung Jambak Kandang Batu dan Bariang Cubadak Ampo tersebut berada dalam wilayah dua kelurahan, yakni Kelurahan Anduring dan Lubuk Lintah.

“Walaupun jalan ini melewati dua kelurahan itu tak jadi persoalan. Yang penting sekarang, bagaimana kita bisa memupuk kembali semangat bergotong-royong masyarakat di Nagari Pauh IX ini,” ujar Ketua MPA KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam .

BACA JUGA  Editiyawarman  Sebut Shalat Ied di Lapangan Merupakan Sunnah Rasulullah

Ikut hadir pada kesempatan itu,, Lurah Lubuk Lintah, Yudi Asril, Lurah Anduring, Riki Januar, RT 04 RW 02 Kelurahan Lubuk Lintah, Jhony Rajo Lenggang selaku “si pangka”, dan sejumlah warga setempat.

Menurut Irwan Basir, semangat goro yang sejak dulu sudah membudaya di kalangan masyarakat Minangkabau, akhir-akhir ini sudah mulai memudar seiring perkembangan teknologi dan informasi.

“Dampak negatif dari modernisasi dan kemajuan teknologi telah memunculkan sifat individualistis. Kalau kita tidak melestarikan budaya leluhur kita tersebut, maka kehidupan sosial bermasyarakat seperti ini akan hilang ditelan waktu. Oleh sebab itu, semangat goro ini harus selalu kita pertahankan dan diwariskan kepada anak cucu kita demi kebaikan bersama,” tutur penghulu suku Jambak Nan Batujuh tersebut.

BACA JUGA  Cerdas Quran Sumbar Sukses, SMP IT Almadhani dan SD IT Mutiara tampil Juara

Ketua BMPN Pauh IX Kuranji, M Fikar Dt. Rajo Magek mengatakan, goro ini merupakan untuk menjalin kebersamaan dan silaturahmi antara warga di kedua Kelurahan.

“Bergoro membersihkan lingkungan ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona (covid-19). Sebab, kalau diri kita selalu bersih dan lingkungan juga bersih maka Insya Allah covid-19 tersebut akan menjauh dari kita,” ucap Fikar .

Untuk itu, Fikar mengajak masyarakat agar selalu menjaga kekompakan dan bersama-sama melawan virus corona. Salah satu caranya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan masing-masing.

Comment