Pendidikan

Upaya Tangkal Kejahatan Radikalisme,  Khatib Ingatkan Jamaah Setiap Jumat

139
×

Upaya Tangkal Kejahatan Radikalisme,  Khatib Ingatkan Jamaah Setiap Jumat

Sebarkan artikel ini

TANAHDATAR–Khatib Jumat di Masjid Raya Lima Kaum, Batusangkar, Tanahdatar, Benny Syam, S,Ag, pada kotbah Jumat (14/2) kembali mengingatkan kepada jamaah untuk selalu mengingatkan keluarga dan masyarakat banyak tentang upaya menangkal kejahatan radikalisme.
Kenapa Islam itu dikatakan agama yang Rahmatan Lil’alamin, setidaknya ada beberapa tanda indikasi yang bisa mengungkapkan agama itu adalah agama Islam yang rahmatan Lil’alamin.
“Islam itu tidak mengajarkan diskriminasi, penindasan, penganiayaan dan penzaliman. Sejarah perkembangan Islam membuktikan dimanapun umat Islam yang menjadi mayoristas, hampir dipastikan orang-orang minoritas yang hidup didalamnya tidak mendapatkan diskriminasi, tetapi justru mereka menjadi orang-orang yang aman dalam menentukan dan menjalankan amalan mereka,” kata Benny Syam..
Disebutkan Benny Syam, tetapi kenyataannya, pada saat ini ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin menjadikan agama Islam itu menjadi agama yang mendiskriminasi. Ada aliran-aliran tertentu yang amalan-amalannya tidak sejalan dengan ajaran yang baginda Nabi Muhammad SAW yang sudah diajarkan kepada umatnya. Malahan dalam kenyataannya kita sering mendengar adanya kelompok-kelompok tertentu yang ketika hanya berbeda masalah mereka rela mengkafirkan, menghalalkan darah saudara-saudaranya.
“Itu tidak bisa dipungkiri ada kelompok-kelompok tertentu yang mencoba mengamalkan Islam secara eksekusi yang mereka yakini, yang mereka terima dan mereka perbuat adalah kebenaran yang hakiki, sementara dalam ajaran Islam persoalan-persoalan banyak pandangan serta banyak juga penafsiran untuk mengamalkannya,” tegasnya..
Akhir-akhir ini, sebut Benny Syam, kita sama-sama mendengar ada kelompok tertentu yang mencoba mencoreng muka Islam, khususnya kita yang ada di Kabupaten. Tanahdatar. Di akhir bulan Desember 2019 terdeteksi adanya kelompok orang-orang tertentu yaitu teroris atau kelompok radikal berpemahaman ekstrim yang ditangkap oleh pemerintah karena dikhawatirkan mereka akan menyebarkan ajaran-ajaran yang bukan ajaran Islam melainkan paham radikalisme dan virus kebencian di tengah masyarakat Tanahdatar. Mereka tidak percaya dengan pemerintah yang ada, tetapi dengan adanya kita sebagai masyarakat yang cinta perdamaian, cinta tanah air mereka tidak akan bisa leluasa untuk menyebarkan ajaran-ajaran mereka.
“Gerakan ini yang kitab waspadai. Sebab gerakan radikalisme ini sangat berbahaya sekali. Untuk itu bentengi diri dengan ilmu Agama yang kokoh, bentengii keluarga dan lingkungan. Babaliak ka surau, jangan percaya isu yang tak pantas atau isu bohong,” sebut Benny Syam.
Sesuai dengan firman Allah SWT, menegaskan sebuah dakwah yaitu mewujudkan Islam Rahmatan Lil’alamin. Dengan tegas Allah menyampaikan kepada kita bahwasanya diutusnya Nabi Muhammad SAW itu adalah untuk menjadi Rahmat bagi seluruh alam. Persoalannya, mungkin ada yang percaya Nabi Muhammad SAW dan ada yang tidak, maka kita yang sudah diyakini dengan keyakinan kita, pasti memegang teguh ajaran yang sudah di ajarkan oleh baginda Nabi Muhammad SAW karena jelas mendatangkan keselamatan bagi kita. (*/rjk).

BACA JUGA  Diinisiasi FKAN Kuranji, DPRD Sumbar Panggil Kadisdik Terkait PPDB SMA/SMK

Comment