Budaya

Balai Baiyo Batido Sungai Sapih Gelar Kajian dan Basurah Adat

181
×

Balai Baiyo Batido Sungai Sapih Gelar Kajian dan Basurah Adat

Sebarkan artikel ini

PADANG–Lembaga Balai Baiyo Batido Sungai Sapih Nagari Pauh IX Kecamatan Kuranji hari ini menggelar kajian dan basurah adat, Kamis (26/12). Kegiatan ini dalam upaya menumnbuhkembangkan dan pengetahuan nilai nilai adat yang mulai tergerus pada kawula generasi muda.

“Kegiatan yang bernuansa adat dan budaya ini tidak terlepas bagaimana megembalikan generasi muda kepada nilai-nilai kekerabatan adat yang selama ini dikhwatirkan terserabut dari generasi muda,” ujar Sekum Lembaga Baiyo Batido Sungai Sapih Nagari Pauh IX Kuranji Darman Malin Taman Cahayo, Rabu (25/12).

Pria yang akrab dipanggil Darman Guci INI menambahkan, kegiatan adat ini diangkat beretujuan agar generasi muda di Sungai Sapih Pauh IX Kuranji kembali berpegang teguh dengan nilai-nilai filsafat Minangkabau. Yakni, adat basandi syarak-syarak basandi Kitabullah (ABS-SBK). Semua ini tidak terlepas kembali membanguna karakter anak nagari di Ranahminang ini sesuai ABS-SBK tersebut.

BACA JUGA  Gubernur Sumbar Terima Sertifikat Warisan Dunia UNESCO  Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto

Sebab,jika generasi muda tetap memegang teguh ABS-SBK ini meka generasi muda selamat dunia akhirat. Karena, ABS –SBK itu diibaratkan bagaikan Aua dan tabiang, saling kuat menguatkan atau seperti dua sisi mata uang. Yang tidak bisa terlepaskan satu sama lainnya. Kegiatan musyawarah kajian basurah adat ini dilaksanakan di Balai Baiyo Batido Sungai Sapih, Kamis (26/12) sekitar pukul 20.00 WIB. (rjk)

Comment