Budaya

Meriahkan HUT Kemerdekaan, Ribuan Warga Ramaikan Pawai Alegoris 

170
×

Meriahkan HUT Kemerdekaan, Ribuan Warga Ramaikan Pawai Alegoris 

Sebarkan artikel ini

PADANG — Ribuan warga memadati sepanjang jalan Sudirman untuk menyaksikan pawai alegoris. Pawai alegoris  merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pemprov  Sumbar memeriahkan HUT Kemerdekaan RI tahun 2019, yang bertemakan Pembangunan dan Kebudayaan dengan melibatkan 105 instansi.

Pawai Alegoris tersebut dilepas Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di depan Kantor Gubernur, Minggu (18/8/2019). Pawai Alegoris dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok non kendaraan dan kelompok kendaraaan.

“Kegiatan ini bisa dimaknai sebagai meningkatkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat sehingga peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI lebih bermakna bagi bangsa dan negara, untuk itu masyarakat bisa langsung menyaksikan langsung disini dan sebaiknya tidak hanya sekali setahun, tetapi bisa dilakukan pada kegiatan lainnya” ujar gubernur.

BACA JUGA  Resmi Dilantik, Ini Susunan Pengurus DPP DARAM Periode 2023-2028

“Saya juga beri apresiasi bagi masyarakat yang ikut memeriahkan pawai. Kami harapkan pesan-pesan kemerdekaan sampai pada masyarakat dan generasi muda hingga kemudian dapat terdorong aktif membangun daerah,” ucapnya.

Gubernur Sumbar  menyampaikan bahwa pawai Alegoris Kemerdekaan RI merupakan salah satu bentuk kegembiraan dalam memperingati kemerdekaan republik ini.

“Semua masyarakat bisa merayakan kemerdekaan dengan menyaksikan pawai Alegoris, karena rutenya pada tahun ini lebih diperpanjang, sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat,” jelas gubernur.

Setiap peserta pawai diwajibkan mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan menutup jalan menuju panggung utama (Jalan .Sudirman) pada pukul 14.00 WIB dan rute pawai alegoris hingga selesai.

BACA JUGA  PORBBI Sumbar Sudah Berbadan Hukum, Tetap Komit tak Terlibat Politik Praktis

Defile anggota Paskibraka menjadi pembuka kegiatan pawai, kemudian diikuti marching band pilihan, pawai kendaraan Polri, TNI dan Satpol PP, pawai alegoris, pawai budaya dan pawai pembangunan.

Sementara pawai pembangunan menampilkan kendaraan hias dan melibatkan instansi pemerintah. Kendaraan hias yang ditampilkan bertemakan keberhasilan pembangunan yang dicapai Sumbar, mulai dari perkebunan, pertanian, peternakan dan hasil dari perikanan.

Comment