Pariwisata

Setelah Jambi, Giliran Bengkulu Berminat Dilalui Pebalap TdS

176
×

Setelah Jambi, Giliran Bengkulu Berminat Dilalui Pebalap TdS

Sebarkan artikel ini
Pembalap sepeda beradu kecepatan dalam etape pertama Tour De Singkarak 2015 di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (3/10). Etape Pertama Tour De Singkarak 2015 diikuti 131 pembalap yang menempuh jarak 163 kilometer dari Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, menuju Pantai Gondoria, Kota Pariaman. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc/15.

PADANG – Setelah Jambi, kini giliran Bengkulu berminat menjadi tuan rumah Tour de Singkarak (TdS). Pernyataan minat tersebut disampaikan langung oleh Pemprov Bengkulu saat pertemuan Gubernur se Sumatera di Bengkulu.

“Bengkulu juga berminat. Jika ada kesamaan visi, akan kita bicarakan. Kita baru tahap pembicaraan dengan Bengkulu disela-sela rapat koordinasi gubernur se-Sumatra. Apa mungkin dari Tapan, Pesisir Selatan berbelok ke Bengkulu,” ujar Wagub Sumbar, Nasrul Abit, Kamis (11/7)/2019 di Padang.

Dikatakannya, untuk merealisasikan keikutsertaan Bengkulu ini perlunya pembicaraan lebih lanjut dengan kementerian pariwisata dan kementerian pekerjaan umum. Karena iven internasional itu digawangi Kementrian Pariwisata dulunya kemudian Kementrian Pekerjaan Umum yang memiliki jalan.

BACA JUGA  5 Objek Wisata Legenda di Sumatera Barat, Semua Ceritanya Bikin Meleleh

“Dua kementerian ini sangat perlu untuk dikooridinasikan, sebab kementerian pariwisata yang memiliki perhelatan ini dan kementerian pekerjaan umum untuk kondisi jalan,” katanya.

Sedangkan kata Wagub, saat ditanya kapan kemungkinan Bengkulu ikut serta. Ia menyatakan, belum untuk tahun ini.

“Tahun ini mungkin belum, tahun depan belum juga, kita akan bicarakan lebih lanjut dengan pihak terkait,” tukasnya.

Sebelumnya, rute yang dilalui pebalap pada kejuaraan balap sepeda Tour de Singkarak 2019 bertambah yaitu ke Sungai Penuh dan Kerinci, Jambi.

“Tahun ini rute TdS akan bertambah tidak hanya di Sumbar saja. Namun, akan melalui Provinsi Jambi, karena kerjasama antara Pemprov Sumbar dan Pemprov Jambi telah terjalin. Kerjasama ini ditandai dengan Penandatanganan kerja sama antara Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, dan Kepala Dinas Pariwisata Jambi disaksikan langsung Wakil Gubernur dan Gubernur Jambi bertepatan dengan Rakor Gubernur se Sumatera pada Selasa lalu di Bengkulu,”pungkasnya.

BACA JUGA  Dua Desa Wisata Sumbar Raih Rekor Muri, Seperti Ini Keindahannya

Diketahui, iven internasional TdS yang diikuti pebalap dari negara Eropa ini digelar 2-10 November 2019.

Tidak Ikut
Menariknya, di Sumbar sendiri ada empat kabupaten/kota yang tidak ikut iven ini. Meski dilewati tapi, tidak ada agenda persinggahan etape di kabupaten/kota tersebut.

Comment