Ekonomi

Alat TTG Disnakerin Padang, Juara II di Jambore PKK Tanahdatar

121
×

Alat TTG Disnakerin Padang, Juara II di Jambore PKK Tanahdatar

Sebarkan artikel ini

PADANG – Alat teknologi tepat guna (TTG) produk Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Padang yang ditampilkan pada Jambore PKK dan Gelar TTG tingkat Sumbar di Batusangkar Tanahdatar, muncul sebagai juara II.

Hal itu menyusul pengumuman juri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Sumbar di Lapangan Cindua Mato Batusangkar Tanahdatar , Kamis (20/6/2019). Sedangkan, posisi peringkat satu digondol Kota Bukittinggi dengan TTG alat pembuat sarundaeng dan Kota Padang mesin pembuat kerupuk emping jagung. Kemudian, peringkat ketiga diperoleh Kabupaten Sijunjung dengan alat cetakan closet dan menyusul Limapuluh Kota dengan alat kocor tanaman.

Tropi peringkat dua tersebut diterima Inovator Disnakerin Padang Hendri Sawir yang diserahkan Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarnizi saat penutupan Jambore PKK dan Gelar TTG tingkat Sumbar, Kamis kemarin.

BACA JUGA  Perkuat Ketahanan Pangan, Wawako Marfendi Dukung Pertanian di Tengah Kota

Kadisnakerin Padang Yunisman melalui Kabid Penta Lattas Yoserizal mengatakan, pada Jambore tersebut Disnakerin menampilkan TTG berupa mesin pembuat kerupuk emping jagung, yang diinovatori Hendri Sawir. Alat ini bisa membuat kerja pelaku usaha kuliner lebih efektif dan efesien.

“Karena dalam tempo satu jam bisa menghasilkan 20 kilogram perjam emping jagung ,” ujar Yoserizal.

Dikatakan Yoserizal, alat pembuat kerupuk emping jagung ini bisa didapatkan dengan nilai Rp5, 8 juta kemudian ditambah dengan nilai pembuatan dari bengkel sebesar Rp2, 5 juta. Alt ini bisa menjadi solusi bagi petani jagungul yang selalu dikeluhkan harga jagung yang sering fkuktuatif.

Sehingga ketika harga jagung anjlok, petani bisa berkreatif menjadikan komoditii jagungnya menjadi kerupuk emping jagung. Tentu dengan alat ini petani tidak dihantui kerugian, karena kerupuk emping jagung itu bernilai jual tinggi. Namun, tergantung pelaku usahanya untuk mengemasnya lebih menarik. (rjk)

BACA JUGA  Forum SDC Padang Susun Program Kegiatan dan Kerja Strategis

Comment