Ekonomi

Pemprov Sumbar Perjuangkan Dokter Gigi yang Lulus Tes, Tapi Batal jadi PNS di Solsel

246
×

Pemprov Sumbar Perjuangkan Dokter Gigi yang Lulus Tes, Tapi Batal jadi PNS di Solsel

Sebarkan artikel ini
Nasrul Abit
Nasrul Abit

PADANG – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit merespon nasib dokter gigi di Solok Selatan yang lulus tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, namun batal diangkat. Merespon itu, Pemprov Sumbar akan membentuk tim mengkaji langkah-langkah dapat memperjuangkan nasib dokter tersebut.

“Kita sangat menyayangkan adanya kejadian seperti ini, ada peserta CPNS yang merupakan dokter gigi di Solok Selatan yang batal diangkat jadi Pegawai Negri Sipil (PNS), sedangkan yang bersangkutan lulus tes,” ujarnya, Rabu (12/6/2019) di Padang.

Dikatakannya, dirinya belum tahu pasti alasan apa yang membatalkan pengangkatan itu. Untuk itu dirinya akan membentuk tim segera untuk menuntaskan persoalan ini.

BACA JUGA  Perkuat Ketahanan Pangan, Wawako Marfendi Dukung Pertanian di Tengah Kota

“Kita akan bentuk tim selesaikan persoalan ini. Sebab setelah diuji dapat bekerja dengan baik. Dan, berdasarkan undang-undang, dokter itu juga layak untuk diangkat jadi PNS. Maka, diharapkan Pemkab Solok Selatan memberikan haknya,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday, mengungkapkan, pihaknya telah merapatkan persoalan ini dengan stakholder terkait, agar persoalan yang menimpa dokter gigi di Solok Selatan segera diselesaikan oleh Pemkab.

“Kami telah rapatkan dengan Asisten III Provinsi, BKD Provinsi, Dinas Sosial agar hak beliau dapat dipertimbangkan kembali keputusan pembatalan pengangkatan itu. Dan, hasil rapat kita gubernur akan segera menyurati Bupati Solok Selatan, sebab sesuai dengan dokumen beliau lengkap dan juga layak untuk bekerja,”ungkapnya.

BACA JUGA  Keluarga Yasril Penerima Perdana Manfaat Program Semata Jilid III

Sebelumnya, Drg Romi Syofpa Ismael dinyatakan batal lulus pada Formasi Umum CPNS 2018 jabatan Dokter Gigi Ahli Pertama dengan lokasi formasi Puskesmas Talunan. Bupati Solok Selatan dalam pengumumannya nomor 800/40/IX/BKPSDM/BUP-/2018 menyatakan Drg Romi Syofpa Ismael tidak sehat secara jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

Wali Nagari Talunan Maju Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan Suwardi dalam keterangan tertulisnya menyatakan Romi Syofpa Ismael merupakan warga negara yang berkelakuan baik.

Comment