Politik

Jelang Pileg, Siti Izati Aziz Bersama Seribuan Warga Ziarah Makam Syeh Tuanku Marajo

294
×

Jelang Pileg, Siti Izati Aziz Bersama Seribuan Warga Ziarah Makam Syeh Tuanku Marajo

Sebarkan artikel ini

PARIAMAN — Jelang Pemilu Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 mendatang, Anggota DPRD Sumbar, Siti Izati Aziz bersama seribuan warga berziarah ke Makam Syeh Tuanku Marajo Surau Cubadak Nagari Sungai Asam, Kabupaten Padangpariaman, Selasa (16/1/2024).

Syekh Tuanku Marajo merupakan ulama Tarekat Syattariyah Nagari Sungai Asam dan menjadikan Surau Asam sebagai tempat pendidikan sekaligus pusat Tarekat Syattariyah di kenagarian tersebut.

Siti Izati Aziz, yang juga Caleg DPRD Sumbar nomor urut 1 dari Partai Golkar untuk Dapil II Sumbar (Padang Pariaman dan Kota Pariaman) ini mengatakan peran Surau Cubadak dalam kehidupan masyarakat masih bertahan sampai saat ini karena telah menjadi budaya dalam keseharian masyarakat.

BACA JUGA  IKA Unand Bantah Dukung Mahyeldi di Pilkada Sumbar

“Keberadaan Surau Cubadak mesti dipertahankan, karena dengan surau warisan dari aliran Tarekat Syattariyah bisa dipertahankan,” ujar Siti Izzati Aziz, anggota fraksi DPRD Sumbar itu menjawab pertanyaan wartawan media ini, Selasa (16/1/2024).

Ziarah ini dilakukan untuk mendoakan beliau yang telah berjasa membangun Tarekat Syattariyah. Kegiatan ziarah kepada tokoh Syekh Tuanku Marajo dilakukan lakukan setiap tahunnya dan tahun ini bertepatan dengan menjelang Pileg 14 Februari 2024.

“Ziarah makam juga salah satu wujud untuk menghargai para ulama Tarekat Syattariyah agar tidak lupa dengan sejarah,” terangnya.

Ia menambahkan, setelah Syekh Tuanku Marajo wafat, Surau Cibadak sebagai pusat Tarekat Syattariyah dilanjutkan oleh anaknya, Buya Musyawir Tuanku Kuniang. Surau Cubadak tetap eksis di tengah masyarakat Nagari Sungai Asam karena kedekatannya dengan masyarakat, surau telah menjadi tempat mengadu dan bertanya, yang tidak hanya terbatas kepada masalah keagamaan, akan tetapi juga mengenai masalah sosial kemasyarakatan, keluarga dan kesehatan.

BACA JUGA  Zulkenedi Said Bersama OPD Terkait Sigi Korban Banjir Bandang Lubuk Sikaping

“Surau Cubadak juga telah memainkan peranan penting sebagai pendidik generasi muda masyarakat nagari Sungai Asam dengan caranya yang khas. Karena selain mendapatkan pendidikan sekolah umum, pemuda di nagari Sungai Asam juga mendapatkan pendidikan surau. Sistem pendidikan Surau Cubadak masih bersifat tradisional dengan metode sistem pendidikan kaji baonggok (halaqah), yang tidak pernah berubah sejak surau ini berdiri walaupun banyak tantangan perubahan.

Comment