Sumatera Barat

Pascakerusakan TPA Payakumbuh, Gubernur Minta Kabupaten dan Kota Inisiatif Tangani Sampah

216
×

Pascakerusakan TPA Payakumbuh, Gubernur Minta Kabupaten dan Kota Inisiatif Tangani Sampah

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi usai membuka rapat intensif penanganan sampah pascarusaknya TPA regional Payakumbuh.Ist

PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera menggelar rapat intensif dengan kabupaten/kota, untuk mencari solusi penanganan sampah. Gubernur meminta kabupaten/kota aktif menyampaikan inisiatif untuk penanganan sampah ke depan.

“Beberapa waktu yang lalu longsor menyebabkan akses TPA Regional kita di Payakumbuh tertutup dan tidak bisa diakses, sehingga sampah dari Payakumbuh dan Bukittinggi dikirim ke TPA Aia Dingin di Padang. Namun, hal ini tentu harus dicari solusinya karena tidak mungkin untuk terus menerus,” ucap Gubernur Mahyeldi di Istana Gubernur Sumbar, Senin (8/1/2024).

Untuk mengatasi persoalan ini, sambung Gubernur, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar menggelar rapat intensif dengan kabupaten/kota terkait, sehingga persoalan penanganan sampah di kabupaten/kota memang menjadi buah dari pemikiran bersama antar Pemda.

BACA JUGA  Gubernur Mahyeldi Nilai Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Unand dan USM di Sijunjung jadi Simbiosis Mutualisme

“Masalah penanganan sampah ini sangat penting, sebab jumlahnya semakin hari semakin meningkat. Sementara, di satu sisi kita sangat concern pada pariwisata yang tentu masalah sampah termasuk penghambat di dalamnya,” ucap Gubernur lagi.

Gubernur berharap, Bupati/Wali Kota melalui dinas terkait dapat berinisiatif dalam hal penanganan sampah, sementara itu Pemprov Sumbar menegaskan akan terus berkomitmen untuk memfasilitasi setiap komitmen-komitmen yang disepakati dalam penanganan sampah ke depan.

“Sejauh ini, berbagai langkah terus kita lakukan. Seperti pemberdayaan pedagang pasar untuk pemilahan sampah pasar. Namun, tentu ini perlu gerakan yang lebih besar sehingga dampak yang lebih besar juga bisa kita rasakan,” ucap Gubernur mengakhiri.

Diketahui TPA Regional Payakumbuh di Taratak Padang Karambia, Kecamatan Payakumbuh Selatan, longsor pada 20 Desember 2023 pada dini hari. Kejadian itu diduga akibat tingginya intensitas hujan.

BACA JUGA  Evi Yandri Lepas Puluhan Tim Peserta LLA-TJPHK II 2023 di BPNB Belimbing

Selain bak penampungan sampah yang longsor, jalan menuju TPAS Regional Payakumbuh juga terban sehingga sulit untuk dilalui kendaraan. Akibatnya lahan pertanian warga di sekitar TPA tersebut tertimbun sampah.

Comment