Pariwisata

Sumatera Barat Terpilih jadi Provinsi Terbaik Bangga Berwisata 2023

220
×

Sumatera Barat Terpilih jadi Provinsi Terbaik Bangga Berwisata 2023

Sebarkan artikel ini
Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan Kadis Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menerima penghargaan BBWI 2023.Ist

PADANG – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meraih prestasi gemilang sebagai Provinsi Terbaik Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tingkat Kawasan Sumatera.

Penghargaan ini diberikan dalam Malam Anugerah BBWI dan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang digelar di Jakarta pada Jumat malam.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, menerima sertifikat dan trophy bergengsi sebagai bukti keberhasilan provinsinya.

Kolaborasi antara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan beberapa kementerian dan stakeholder lain turut mendukung ajang penghargaan ini.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, mengungkapkan, “Kami akan selalu mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia, utamanya di 5 destinasi super prioritas. Semoga dengan dukungan penuh LPS, pariwisata Indonesia akan terus maju dan berkembang,”katanya.

BACA JUGA  Kini Mendaki Gunung Marapi Booking Online

Menurut Purbaya, hubungan simbiosis mutualisme antara industri perbankan dan pariwisata menjadi kunci keberhasilan.

Pada bulan September 2023, kredit perbankan ke sektor pariwisata mencapai Rp128,2 triliun, mengalami pertumbuhan 4,57 persen secara tahunan, mencapai puncak tertinggi sejak Agustus 2021.

Ia optimistis bahwa penyaluran kredit ke sektor pariwisata akan terus tumbuh lebih tinggi di masa mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan kebijakan pemerintah dalam mendukung aktivitas berwisata dan penggunaan produk dalam negeri.

“KemenpanRB telah memberikan dukungan melalui penambahan hari libur di tahun 2024, memilih hari libur yang akan mendorong optimalisasi wisata masyarakat tanpa mengganggu kinerja dunia usaha,” ujar Anas.

BACA JUGA  Semen Padang Dukung BKSDA Sumbar Reaktivasi TWA Gunung Marapi

Penghargaan turut diberikan dalam lima kategori, termasuk Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan.

Sumbar berhasil meraih peringkat pertama, disusul oleh Kepulauan Riau dan Lampung di peringkat kedua dan ketiga.

Malam puncak tersebut juga menetapkan Kota Pariaman sebagai pemenang ketiga di tingkat kabupaten/kota terbaik BBWI.

Sementara Nusa Tenggara Barat meraih gelar Provinsi dengan Destinasi Pariwisata Berkualitas Terbaik, dan Provinsi Sulawesi Tenggara dinobatkan sebagai Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Nasional.(Bdr)

Comment