Sumatera Barat

Gubernur Mahyeldi Belajar Pengentasan Kemiskinan ke India, Ternyata Sumbar Lebih Baik

141
×

Gubernur Mahyeldi Belajar Pengentasan Kemiskinan ke India, Ternyata Sumbar Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi saat bersama masyarakat Bihar, negara Bagian India dalam kunjungannya selama 6 hari.Ist

PADANG – Gubernur Mahyeldi, belajar pengentasan kemiskinan ke India. Kunjungan itu tindak lanjut kerja sama atau Letter of Inten (LoI) Pemprov Sumbar dengan BRAC International.

Mahyeldi didampingi Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi dan Kepala Dinas Kesehatan Lila Yanwar. Mereka disebut diberangkatkan oleh Bangladesh Rural Advancement Committee (BRAC) International.

Disampaikannya, BRAC International adalah organisasi pembangunan internasional yang berdiri pada 1972 yang fokus program pada penanganan kesenjangan dan kemiskinan.

Dalam rangka kerja sama penanganan kemiskinan ekstrem di Indonesia, BRAC International mengajak Pemerintah Indonesia untuk melihat langsung pelaksanaan program penanganan kemiskinan ekstrem di India.

Turut serta dalam rombongan BRAC ini, Bappenas RI, Kementerian Dalam Negeri, Pemprov Jawa Barat, Nusa Tengga Barat, Yogyakarta dan Sumbar.

BACA JUGA  Jangan Sekadar Membaca Saja, ASN Pemprov Sumbar Harus Paham Ber-AKHLAK

Rombongan disabut Duta Besar Indonesia untuk India, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi. Juga Wakil Duta Besar Masni Mirza.

Saling tukar informasi terkait upaya penanganan kemiskinan. Dubes RI untuk India mengatakan, India saat ini sangat maju di bidang teknologi informasi dan teknologi kesehatan. Terbukti, di negara-negara besar di Amerika, Eropa, dan Australia, sangat banyak tenaga kerja terdidik dari India di kedua sektor tersebut.

“Oleh karena itu, Pemprov Sumbar juga ingin menjalin kerja sama di bidang kesehatan dan teknologi informasi ini dengan India,”katanya kemarin di Padang.

Pertemuan itu sekaligus menjembatani kerja sama antar universitas di Sumbar dengan universitas-universitas unggul di India.

Mahyeldi meminta Kepala Dinas Kesehatan untuk segera menyiapkan langkah-langkah agar terjalin kerjasama antara Rumah Sakit Pemprov Sunbar dengan beberapa Rumah Sakit terbaik di India.

BACA JUGA  Pemprov Sumbar Targetkan SiLPA 10 Persen, Sejumlah Kegiatan Bakal Dicoret

Ada pun terkait kunjungan untuk melihat program penanganan kemiskinan ekstrem di India, Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi, juga menjelaskan setelah pertemuan dengan Duta Besar RI di India, Gubernur Mahyeldi beserta rombongan lainnya dibawa oleh pihak BRAC International ke Provinsi Bihar, dengan jarak tempuh penerbangan sekitar dua jam dari New Delhi.

Comment