Budaya

Rumah Gadang Kajang Padati, Saksi Sejarah Migrasinya Warga Darek ke Pesisir di Minangkabau

523
×

Rumah Gadang Kajang Padati, Saksi Sejarah Migrasinya Warga Darek ke Pesisir di Minangkabau

Sebarkan artikel ini
Rumah Gadang Kajang Padati, milik keturunan Dt Ibrahim Saksi Sejarah Migrasinya Warga Darek ke Pesisir di Minangkabau. Ist

PADANG  – Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang bakal menyulap Rumah Gadang Kajang Padati Dt. Rajo Ibrahim sebagai Pustaka Sejarah.

Rumah yang terletak di Jl. M. Hatta No 14 kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji ini merupakan rumah kebesaran Datuak Rajo Ibrahim (Penghulu dari suku Koto). Saat ini, rumah gadang Kajang Padati ini dirawat dan dikelola secara mandiri oleh pihak keluarga dari suku Koto Nan Batujuah Tigo Buah Paruik Nagari Pauh IX Padang.

Karena menjadi salah satu saksi bersejarah perjalanan migrasi masyarakat masa lampau ke Kota Padang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang akan membuka pustaka sejarah di rumah Gadang Datuak Rajo Ibrahim ini.

BACA JUGA  Enam Jemaah Haji Dari Embarkasi Haji Padang Wafat di Mekah, Ini Nama-namanya..

“Rumah Gadang Kajang Padati Dt Rajo Ibrahim ini merupakan salah satu saksi sejarah migrasi masyarakat Darek ke pesisir (Kota Padang). Sekarang masuk dalam Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB). Rencananya akan kami buka pustaka sejarah di rumah ini,” sebut Marshalleh Adaz, Kasi Permuseuman dan Cagar Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Senin (13/11/2023).

Rencana membuka pustaka ini sudah melalui pendekatan secara masif antara Pemko Padang dengan Kaum Koto selalu pemilik dan pengelola rumah Gadang.

“Pihak keluarga selalu pengelola setuju untuk di buat pustaka dan nantinya juga ditetapkan sebagai Cagar Budaya (CB),” Kata Marshalleh lagi.

Sebagai bentuk persetujuan bersama untuk membuka pustaka sejarah di Rumah Gadang Kajang Padati Dt Rajo Ibrahim ini, pihak keluarga dan Pegawai Disdikbud Padang melakukan gotorng royong bersama di rumah tersebut pada Minggu (12/11/2023).

BACA JUGA  Lepas Jenazah Almarhumah Syamsinar ke Pemakaman, Irwan Basir : Jadikan Kematian Pelajaran 

Selanjutnya, aplikasi dari perencanaan maupun penyediaan fasilitas seperti rak, buku dan lainnya. Akan dilakukan secara berkala.

“Jadi jika masyarakat ingin tahu tentang sejarah Kota Padang dari masa ke masa, bisa mendapatkan informasinya di Rumah Gadang ini nantinya,” ucapnya.

Seperti yang diketahui, rumah Gadang Kajang Padati merupakan rumah adat Minangkabau yang memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan rumah gadang umumnya.

Comment