Sumatera Barat

Hijrah Adi Sukrial, Wartawan yang Hijrah Jadi Wali Nagari

292
×

Hijrah Adi Sukrial, Wartawan yang Hijrah Jadi Wali Nagari

Sebarkan artikel ini
Hijrah Adi Sukrial resmi menjabat sebagai Wali Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, setelah dilantik Bupati Tanah Datar, Eka Putra di Gedung Nasional Batusangkar, Senin (13/11/2023).Ist

TANAH DATAR – Hijrah Adi Sukrial resmi menjabat sebagai Wali Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, setelah dilantik Bupati Tanah Datar, Eka Putra di Gedung Nasional Batusangkar, Senin (13/11/2023).

Dari 54 wali nagari yang dilantik, Hijrah menjadi satu-satunya yang berlatar belakang jurnalis.

Hijrah Adi Sukrial adalah seorang jurnalis senior di Sumbar yang sudah malang melintang di berbagai media cetak dan media online di Sumatera Barat.

Hijrah memulai karir di Harian Pagi Padang Ekspres sejak tahun 2009. Selama menjadi wartawan Padang Ekspres dia dikenal sebagai wartawan pejuang, yang memanfaatkan profesinya untuk membantu masyarakat.

Dia sering memperjuangkan pasien yang tidak ada biaya, anak putus sekolah, mahasiswa, dan membantu pembangunan melalui tulisan-tulisannya.

BACA JUGA  Dinas P3AP2KB Sumbar Berikan Bimtek, Hak Anak Penyandang Disabilitas Belum Terpenuhi Optimal

Tahun 2017, Hijrah meninggalkan Padang Ekspres dengan jabatan terakhir Redaktur dan memulai pertualangan di berbagai media online di Sumbar.

Hijrah bergabung dengan klikpositif.com, padangkita.com, langgam.id dan ikut merintis berdirinya kabarsumbar.com serta beritanagari.com.

Selepas dari Padang Ekspres, Hijrah mulai mengembangkan sayap sebagai pegiat wisata dan ekonomi kreatif Sumbar. Bersama teman-temannya, Hijrah merintis destinasi digital Pasar Van Der Capellen di Batusangkar

Pasar kuliner yang didirikan di benteng peninggalan Belanda itu sempat jadi primadona dan destinasi pilihan wisatawan di Sumbar, hingga akhirnya tutup karena pandemi.

Selain itu, Hijrah juga inisiator event Lintau Expo, dan event-event lainnya, baik di kampung halamannya maupun di level kabupaten dan provinsi.

BACA JUGA  Sinergi dengan Pusat, Hampir Setengah Triliun Dana Pusat untuk Jalan di Sumbar

Menjadi wali nagari adalah mimpi Hijrah sejak lama. Dia yakin, dengan menjadi wali nagari dia bisa berbuat lebih banyak untuk kampung halamannya, yaitu Nagari Pangian.

Tahun 2017 dia ikut kontestasi Pilwanag dan dikalahkan oleh Abdul Wazid Dt Indo Mangkuto dengan selisih 50 suara.

Tahun 2023 dia kembali berhadapan dengan Abdul Wazid Dt Indo Mangkuto dan memenangkan Pilwanag dengan selisih lebih dari 400 suara.

Menurut Hijrah, ketika memimpin Pangian hal pertama yang akan dia lakukan adalah membenahi pelayanan publik di Kantor Wali Nagari Pangian.

Comment