Pendidikan

Di Malaya University, Mahasiswa S2 Pendidikan Geografi UNP Dibekali Kuliah Singkat 

270
×

Di Malaya University, Mahasiswa S2 Pendidikan Geografi UNP Dibekali Kuliah Singkat 

Sebarkan artikel ini

PADANG –Program Magister Pendidikan Geografi kembali melanjutkan program kerjasama keterlibatan dosen dari Universitas QS 100, yang sebelumnya telah dirintis sejak tahun 2017 lalu.

Prof. Dr. Dedi Hermon, MP yang kembali di amanahi untuk me-
nahkodai S2 Pendidikan Geografi UNP mengatakan bahwa saat ini S2 Pendidikan Geografi fokus mengejar ketertinggalan akademik, dengan kembali melanjutkan kerjasama akademik dengan Universitas QS 100.

“Tahap pertama dalam tahun 2023 ini, seluruh mahasiswa S2 Geografi akan kuliah di Malaya University, Malaysia, direncanakan kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 27-30 November 2023” jelasnya saat menjawab pertanyaan wartawan media ini, Sabtu (4/11/2023).

Dedi Hermon mengungkapkan, selesai kegiatan ini dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan dengan pihak Malaya University, untuk memakai 2 orang dosen dari Dept. Geografi Malaya University sebagai dosen asing yang akan dilibatkan di Program Magister Pendidikan Geografi UNP mulai semester Januari-Juni 2024.

BACA JUGA  Penting Memahami Karakterisik Atlet yang Dilatih untuk Pengembangan Prestasi

Kemudian Dedi Hermon menambahkan, kegiatan ini akan terus dilanjutkan dengan melakukan kerjasama dengan NUS Singapura dan Tulane University, yang diagendakan pada tahun 2024. Sehingga pada tahun 2024, Program Magister Pendidikan Geografi UNP akan menggunakan 4 orang dosen asing dari Universitas QS 100, yaitu 2 orang dari Malaya University, 1 Orang dari NUS, dan 1 Orang dari Tulane University.

“Upaya ini dilakukan adalah untuk menjadikan Magister Pendidikan Geografi mengembangkan ilmu pendidikan geografi yang berbasis sain 4.0, sehingga keterpakaian alumni di dunia kerja tidak hanya sebagai guru atau dosen, tapi bisa sebagai pakar pendidikan geografi modern di Indonesia” ujar guru besar FIS UNP ini.

Lebih lanjut dikatakanya, kegiatan ini juga untuk mensupport Program Magister Pendidikan Geografi terakreditasi Unggul dan akan melangkah secara pasti menuju akreditasi Internasional, untuk ke depannya.

BACA JUGA  Hadiri Pembukaan KSM  Padang, Idra Putri Berharap Siswanya Melangkah ke Nasional

Program Magister Pendidikan Geografi juga akan dijadikan tonggak dalam pendirian Program Doktor Pendidikan Geografi UNP dan sekaligus akan mensupport pendirian Fakultas Geografi di UNP, dimana persetujuan pendirian Fakultas Geografi di UNP sudah di setujui oleh Senat Akademik UNP pada rapat paripurna yang dilaksanakan tahun 2018 lalu yang dipimpin oleh Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, M.Pd, selaku Ketua Senat UNP. (drd)

Comment