BudayaPariwisata

Festival Sipakrago Pokir Evi Yandri Dibuka Kepala Museum Adityawarman

314
×

Festival Sipakrago Pokir Evi Yandri Dibuka Kepala Museum Adityawarman

Sebarkan artikel ini

PADANG-Anak Nagari yang tergabung di bawah bendera Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji Kota Padang kembali gelar Festival Sipakrago II se Sumbar 2023. Festival Sipakrago digelar di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang, 4-5 November 2023.

Sedianya, Festival Sipakrago II se Sumbar 2023 ini bakal dibuka Kepala UPTD Museum Adityawarman Dinas Kebudayaan Sumbar , Mardison SPd MPd.

Festival Sipakrago yang merupakan permainan seni tradisi anak nagari dihelat melalui pokok pokok pikiran (Pokir) anggota Komisi IV DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman SIp. Festival ini merupakan kegiatan kedua, sebelumnya tahun 2022 juga pernah dilaksanakan di lokasi yang sama di Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji.

BACA JUGA  Sumbar terima Sertifikat Penghargaan Desa Wisata Terbanyak ADWI 2021

“Kegiatan ini tak telepas untuk melestarikan nilai nilai permainan seni dan tradisi anak nagari Minang terutama di Pauh IX Kuranji,” ungkap Evi Yandri Rajo Budiman, Jumat (3/11/2023).

Dikatakan Evi Yandri, saat ini telah ada sekitar 20 tim seantero Sumbar yang mendaftar. Namun ditargetkan sebanyak 28 tim kuota yang diharapkan ikut berkiprah tahun ini. Sedangkan, total hadiah yang dipergunakan puluhan tim Sipakrago lebih kurang mencapai Ro34 juta.

Antara lain, juara terbaik 1. 12.500.000 terbaik 2 10.000.000. Terbaik 3 7.500.000 harapan 1 4.000.000. Harapan 2. 3.000.000 harapan 3 2.000.000.

Selain itu kegiatan Sipakrago ini biasanya selalu dimainkan pada sore dengan melibatkan sedikitnya enam orang. Dengan bola yang terbuat dari rotan dan lazimnya di pinggiran Padang Kota (Papiko) sering dimainkan di di sekitar Lapau (warung – red). Sebab, lapau selama ini di Ranah Minang merupakan salah satu wadah tempat bersilaturahmi dan berkomunikasi.

BACA JUGA  Buka Bersama LKAAM dan MUI Mahyeldi: Mohon Dukungan Ganti Nama Masjid Raya Jadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Sipakrago ini bisa bisa mengantisipasi kegiatan generasi ke arah yang negatif, antara lain tawuran Narkoba dan kegiatan negatif lainnya. (drd)

Comment