Peristiwa

Paripurna DPRD Bukittinggi Tetang Persetujuan 2 Ranperda, Ini Harapan Wako Erman Safar

151
×

Paripurna DPRD Bukittinggi Tetang Persetujuan 2 Ranperda, Ini Harapan Wako Erman Safar

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI — Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan, Rancangan Peraturan (Ranperda) Cagar Budaya penting untuk menumbuhkan kesadaran bersama.

Hal itu, kata Wako Erman, cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang penting bagi pemahaman dan pengembangan sejarah dan ilmu pengetahuan.

“Terdapat 16 rancangan peraturan daerah menjadi program pembentukan peraturan daerah di 2024, yaitu empat diantaranya merupakan inisiatif DPRD dan 12 dari pemerintah daerah,” ujar Wako Erman saat menghadiri paripurna terkait penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Propemperda tahun 2024 dan Nota Persetujuan Bersama Ranperda Tentang Cagar Budaya serta Penyelenggaraan Kepariwisataan.

“Semoga perencanaan pembangunan hukum tertuang dalam program pembentukan peraturan daerah di 2024 nanti, betul-betul mampu menjawab kebutuhan akan pranata hukum atau perundang-undangan yang orientasi utamanya untuk peningkatan kesejahteraan warga masyarakat dalam segala dimensi kehidupan,” ujarnya.

BACA JUGA  Sempat Dinyatakan Hilang, Pencari Kepiting Ditemukan Selamat 

Tambah Wako Erman, ranperda cagar budaya penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Sehingga, tambah Wako Erman, ranperda cagar budaya perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan nasional untuk kemakmuran rakyat.

“Lahirnya perda cagar budaya dapat mewujudkan pengelolaan cagar budaya yang efektif dan melibatkan peran aktif masyarakat, serta menjamin kepastian hukum dalam pengelolaan cagar budaya di daerah dan menjadi pedoman bagi aparatur dan masyarakat dalam pengelolaan cagar budaya di daerah,” tegasnya.

Sementara dikesempatannya, paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Bukittinggi, Benny Yusrial itu mengatakan, dalam rapat finalisasi Propemperda 2024, Bapemperda dan Pemerintah Daerah yang mana dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2023, 16 Raperda telah disepakati pada Rapat Gabungan Komisi 16 Oktober 2023.

BACA JUGA  Mahasiswanya Korban Erupsi Marapi, Keluarga Besar Politeknik Negeri Padang Turut Berduka

Menurut Benny, terdapat raperda inisiatif DPRD berjumlah empat Raperda yang terdiri dari, Raperda baru dan 3 Raperda merupakan luncuran dari Propemperda tahun 2023. (ask)

Comment