Pendidikan

Kampanyekan Anti Korupsi, Perpustakaan Keliling Ikut Andil di Roadshow Bus KPK

310
×

Kampanyekan Anti Korupsi, Perpustakaan Keliling Ikut Andil di Roadshow Bus KPK

Sebarkan artikel ini
Mobil perpustakaan keliling milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di kegiatan Roadshow Bus KPK.Ist

PADANG – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DAP) Sumatera Barat ikut meramaikan program Roadshow Bus KPK dengan menyediakan Mobil Pustaka Keliling di lokasi acara.

Kepala DAP Sumbar, Jumaidi di Padang, Jumat (13/10/2023) mengatakan perpustakaan daerah memiliki cukup banyak koleksi buku yang berkaitan tentang KPK dan anti korupsi yang bisa mendukung program tersebut.

“Kita juga memiliki armada Mobil Pustaka Keliling yang bisa dimanfaatkan untuk memobilisasi buku tersebut langsung ke lokasi acara,” katanya.

Menurut Jumadi, sasaran dari program Roadshow Bus KPK tidak hanya pejabat pemerintahan tetapi juga masyarakat, termasuk anak-anak TK dan SD yang dihadirkan ke lokasi acara di halaman Kantor Gubernur Sumbar.

BACA JUGA  16 RKB SMPN 30 Padang Diresmikan, Wujudkan Belajar Satu Shift

“Di sela kegiatan, anak-anak bisa mengunjungi dan menikmati bacaan di mobil pustaka keliling,” katanya.

Dengan koleksi buku yang berkaitan dengan anti korupsi dan KPK, anak-anak juga bisa sekaligus membuka wawasan tentang tema tersebuttersebut sehingga sikap anti korupsi bisa terbangun sejak dini.

Selain menyediakan buku, DAP juga aktif membantu sosialisasi tentang KPK yang dilakukan melalui pendekatan secara emosional dengan bercerita.

Sebelumnya Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Dr. Wawan Wardiana mengatakan program Roadshow Bus KPK merupakan bagian dari fungsi edukasi dengan sejumlah kegiatan diantaranya seminar, pelatihan, diskusi, pemutaran film, dan kegiatan lain terkait anti-korupsi.

Edukasi melalui bus keliling ini membawa semangat membumikan anti korupsi pada masyarakat. Tujuannya agar masyarakat semakin tahu bahaya korupsi.

BACA JUGA  Banyak Kepala Daerah Punya Program Cetak Penghafal Alquran di Sumbar

Sasaran kegiatan itu menurutnya tidak hanya instansi pemerintahan, tetapi juga masyarakat umum seperti pelajar.

Roadshow Bus KPK di Sumbar dilaksanakan pada 6-15 Oktober 2023 diantaranya di Kota Payakumbuh, Bukittinggi, Padang, Pariaman serta Solok. Khusus di lingkungan Pemprov Sumbar, kegiatan ini juga dirangkai dengan bazar di halaman Kantor Gubernur Sumbar.(Bdr)

Comment