Ekonomi

Minangkabau Halal Festival 2023 Bakal Dibuka Wapres Ma’aruh Amin

191
×

Minangkabau Halal Festival 2023 Bakal Dibuka Wapres Ma’aruh Amin

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi menyampaikan rencana pelaksanaan Minangkabau Halal Festival 2023. Iven tersebut rencananya dipusatkan di Universitas Negeri Padang (UNP), Senin (4/9/2023).ist

PADANG – Wakil Presiden Republik Indonsia KH Ma’aruf Amin dijadwalkan bakal membuka Minangkabau Halal Festival 2023 yabg dipusatkan di Auditorium Universitas Negeri Padang.

Iven berskala nasional itu berlangsung selama tiga hari mulai dari 8-10 September dan melibatkan ratusan UMKM di Sumbar.

“Kehadiran iven berskala nasional ini diharapkan dapat mendorong dan mempercepat upaya Pemprov Sumbar menjadi provinsi halal di Indonesia,” ujar Gubernur Mahyeldi saat pers conference di Istana Gubernuran, kemarin (4/9).

Hadir dalam pers conference itu Even Organizer, Syaka Organizer, Starlight Production dan Asar Humanity selaku penyelenggara kegiatan tersebut. Selain itu turut hadir perwakilan UNP Padang selaku tuan rumah penyelenggaraan iven.

BACA JUGA  Dispora Gelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Puluhan Pemuda Sumbar

Gubernur menyebut sangat mendukung iven tersebut, bahkan Sumbar bertekad menjadi provinsi halal di Indonesia dan menjadi yang terdepan dalam pengembangan ekonomi syariah.

“Bahkan jauh-jauh hari, Pemprov Sumbar sudah menyiapkan Perda Nomor 1 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pariwisata halal,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Kesungguhan menjadi provinsi halal itu kata Gubernur Mahyeldi juga mendapat apresiasi dari Wakil Presiden KH Ma’aruf Amin. Bahkan dalam setiap kunjungan wapres ke Sumbar ia selalu berpesan dna meminta agar Sumbar juga bisa segera menjadi pusat industri halal.

Pertimbangannya yakni, 98 persen masyarakat Sumbar adalah muslim, termasuk kearifan lokal yang ada. Seperti kuliner, fashion, pariwisata dan produk UMKM yang ada.

BACA JUGA  Angka Pengangguran Sumbar Diatas Nasional, Bupati/wako Hendaknya Manfaatkan BLK

“Wapres juga pernah menyampaikan bahwa Sumbar menjadi yang terdepan dalam pengembanhan ekonomi syariahnya. Ini yang menjadi nilai plus,”tutur Gubernur Mahyeldi.

Gubernur berharap iven ini berjalan dengan sukses sehingga bisa memberi dampak yang sangat kuas untuk kemajuan ekonomi di Sumbar serta memperkuat Sumbar sebagai provinsi halal.

“Melalui pelaksanaan Minangkabau Halal Festival 2023 ini, kami mengajak semua stakeholder terkait bersama-sama membangun ekonomi dan industri halal di Sumbar,” pungkasnya.

Fitriati Rahmah perwakilan Event Organizer Minangkabau Festival Halal 2023 mengatakan, nantinya iven tersebut akan berfokus pada kegiatan expo (pameran dagang, red).

Comment