Olahraga

Bertolak ke Sumsel, Kontingen POPNAS Sumbar Targetkan Raih 10 Besar

384
×

Bertolak ke Sumsel, Kontingen POPNAS Sumbar Targetkan Raih 10 Besar

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi bersama kontingen POPNAS Sumbar di Istana Gubernuran Sumbar.Ist

PADANG-Sebanyak 296 orang kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Sumbar bertolak ke Sumatera Selatan. Sumbar menargetkan 10 besar pada ajang nasional tersebut.

Kontingen Sumbar akan mengikuti POPNAS ke XVI pada 25 Agustus 2023. Keberangkatan tim dilepas Gubernur Mahyeldi, Minggu (20/8/2023) di Istana Gubernuran..

Gubernur Mahyeldi, mengharapkan para atlet berjuang semaksimal mungkin untuk meraih prestasi. Mengingat pada POPNAS sebelumnya Sumbar berhasil menoreh prestasi 10 besar.

“Selama POPNAS berlangsung, kami harapkan atlet bisa menjaga kesehatan agar bisa bertanding dengan maksimal,”pinta Mahyeldi.

Pemprov Sumbar katanya, selalu mensupport dan berdoa agar seluruh atlet bisa meraih prestasi diajang POPNAS 2023 ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon menjelaskan BAPOPSI Pusat telah menetapkan sebanyak 22 caabor yang dipertandingkan. Namun sumbar hanya lolos untuk 20 cabor.

BACA JUGA  Proses Menyiapkan Olahragawan, Dimulai dari Identifikasi Bakat

“Karena pemprov keterbatasan dana maka hanya 19 cabor yang bisa diikuti. Dari jumlah itu dua cabor diantaranya berangkat secara mandiri atau tidak dibiayai APBD. Cabor tersebut adalah sepakbola dan bulu tangkis,” terang Maifrizon di dampingi Sekretaris Dispora, Alfiandri.

Disebutkannya, total atlet pelatih dan official Sumbar yang mengikuti POPNAS sebanyak 296. Terdiri dari atlet dan pelatih sebanyak 276 orang, 80 orang diantaranya berangkat dengan dana APBD. Sementara 196 orang berangkat secara mandiri.

“Sedikitnya jumlah kongtingen yang bisa difasilitasi melalui APBD karena keterbatasan anggaran yang ada di Dinas Pemuda dan Olahrga Sumbar,”katanya.

Namun besarnya keinginan dan harapan pelajar bersama orangtuanya, maka mereka akhirnya mengikuti POPNAS. Anak-anak berlatih dengan komitmen tinggi. Semangat mereka harus diapresiasi. Begitu juga pada pihak yang mendukung keberangkatan kontingen pelajar Sumbar.

BACA JUGA  Cabor Tinju, Kontingen Sumbar di Pra Popnas Rebut 1 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu 

Cabor
Adapun cabor yang diikuti kontingen Sumbar angkat besi, atletik, balap sepeda, dayung, judo, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, taekwondo, tinju, wushu, sepakbola dan bulu tangkis.

Comment