Umum

Komit Atasi Stunting, Pemprov Sumbar Bakal Salurkan 10 Ribu Kotak Makanan Tambahan Balita dan Bumil

463
×

Komit Atasi Stunting, Pemprov Sumbar Bakal Salurkan 10 Ribu Kotak Makanan Tambahan Balita dan Bumil

Sebarkan artikel ini
Kadis Kesehatan Sumbar Lila Yanwar menyerahkan bantuan makanan tambahan untuk balita dan bumil guna atasi stunting.Ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat komit dalam mengatasi persoalan stunting di daerah itu. Dalam waktu Pemprov Sumbar bakal menyalurkan sekitar 10 ribu kotak makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat (Kadinkes Sumbar), Lila Yanwar meluruskan informasi terkait pernyataan menyebut Pemerintah Provinsi tidak serius dalam penanganan stunting. Karena, hingga kini penanganan stunting masih berjalan sesuai rencana.

“Itu keliru. Hingga saat ini, semua masih berjalan sesuai rencana, kami masih bekerja untuk atasi kasus stunting ini, salah satunya dengan pemberian Produk Makanan Tambahan (PMT) untuk Masyarakat,” tegasnya di Padang, Jum’at (28/7/2023).

Disebutkannya, jika ada yang menemukan tumpukan kotak makanan balita dan ibu hamil di gudang Dinas Kesehatan Prov. Sumbar, justeru itu adalah bentuk keseriusan Pemprov Sumbar dalam menangani kasus stunting di Sumbar.

BACA JUGA  Wakil Ketua MPR Tegaskan Walikota Harus Lindungi Masyarakat Semaksimal Mungkin

Sebab, dengan ketersediaan makanan balita dan ibu hamil itu, Pemprov Sumbar dapat membantu balita-balita dan ibu hamil yang terindikasi stunting. Makanan balita dan ibu hamil itu didistribusikan sesuai kebutuhan.

Dikatakannya, kebetulan pengadaan Produk Makanan Tambahan (PMT) itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) terjadi tarik salur. Artinya, ketika makanan bantuan disalurkan pada satu daerah dianggap sudah cukup, kemudian ditarik lagi untuk daerah yang dianggap lebih membutuhkan.

“Ini membutuhkan rantai distribusi yang memakan waktu. Kondisi inilah yang menyebabkan stok masih tersedia,”paparnya.

Bahkan, katanya dengan ketersediaan itu membuat Pemprov Sumbar dapat cepat menjangkau balita dan ibu hamil yang tersebar pada kabupaten/kota.

BACA JUGA  Komandan KRI Kurau - 856 Dikukuhkan di Dermaga Bungus Telkab

“Kalau stok kita habiskan, maka ketika dibutuhkan cepat. Tidak ada lagi barang yang akan disalurkan, alur pengadaan pemerintah itu tidak mudah,”ulasnya.

Diungkapkannya stok makanan balita dan ibu hamil saat ini adalah dari anggaran APBD perubahan 2022. Dengan rincian makanan tambahan Balita Stunting sebanyak 30.090 kotak dan Bumil Kurang Energi Kalori (KEK) serta Bumil Anemia 37.162 kotak.

Comment