Pendidikan

Siswa Takhassus Angkatan VII MAN 3 Padang Digembleng di Perkemahan Tiger Camp Balai Gadang

476
×

Siswa Takhassus Angkatan VII MAN 3 Padang Digembleng di Perkemahan Tiger Camp Balai Gadang

Sebarkan artikel ini

PADANG – MAN 3 Kota Padang Plus Keterampilan kembali menggelar Pendidikan Siswa Takhassus (DIKSISTA) angkatan VII 2023- 2024 kembali dikukuhkan di bumi perkemahan alam Tiger Camp Balai Gadang 20 – 24 Juli 2023.

Kepala MAN 3 Padang Afrizal menyerahkan DIKSISTA basis awal dan lanjutan sebanyak 64 siswa kepada pelatih Pelda H. Nofri Fohendra, Sertu Mardan Nasution dan Serda Rori Fernando dari Lantamal II Teluk Bayur untuk digembleng sikap, mental dan kedisiplinan serta motivasi sebagai seorang siswa yang terpilih di program khusus di madrasah dan materi juga akan diisi Kakan Kemenag Padang H. Edy Oktafiandi dan pemateri lainnya sesuai dengan jadwal.

Pembukaan diksista siswa takhassus diikuti kepala madrasah , Wakil kepala, Kaur TU, wali kelas, panitia serta Orang Tua yang giat mengikuti.

Pelda H Nofri mengatakan, kepada siswa Takhassus ini perlu ditekankan mental dan fisik, terutama baris berbaris (PBB). “Tak itu saja, soal kedisiplinan juga tak kalah pentingnya diajarkan kepada siswa Takhassus ini, “ujar Nofri.

Dikatakan, tentu dengan program Takhassus yang digagas MAN 3 Padang ini bakal mewujudkan generasi yang unggul, baik di sisi fisik maupun mental, iman dan taqwa.

Afrizal berterima kasih kepada panitia yang telah menyiapkan kegiatan dengan baik dan orang tua siswa yang telah memenuhi undangan madrasah pada acara pembukaaan.

“Madrasah siswa menggelar angkatan ke VII TP 2023-2024. Menjadi siswa takhassus tidak lah mudah karena melalui seleksi dan hanya bisa menampung 32 orang dari 337 siswa baru,” ujar Afrizal.

BACA JUGA  Danlantamal II Pimpin Sidang Pantukhirda Caba Pria dan Wan TNI AL Gel I - 2021

Dikatakan Afrizal, jumlah siswa yang tergabung Takhassus ini sebanyak 32 siswa, tak bisa bertambah jadi 33. Sebab tak menutup kemungkinan menjadi 31 dan 30 siswa. Dan siswa Takhassus ini harus mampu mengantisipasi tekanan dari diri sendiri, maupun dari orangtua serta dari luar.

Pendidikan Basis awal (kelas X) dan Basis lanjutan (kelas XI) menanamkan sikap mental dan disiplin serta memotivasi peningkatan akademik dan keagamaan (tahfidz) lebih dari siswa reguler sesuai dengan tatib yang sudah ditetapkan.
Siswa takhassus tidak akan ada penambahan namun mengurangi yang akan ada karena tidak memenuhi persyaratan yang telah diprogramkan antara lain tindakan indisipliner, nilai akademik yang tidak memenuhi syarat, dan tahfidz Al-Qur’an yang tidak mencapai target satu jus minimalnya persemester.

BACA JUGA  Hasil Kerjasama Sumbar-Kuwait, Gubernur Mahyeldi Resmikan Pesantren Ma'had Al Afaf

Comment