Pariwisata

Kembangkan Geopark Harau, Pemprov Salurkan Anggaran Bantuan Keuangan Khusus

508
×

Kembangkan Geopark Harau, Pemprov Salurkan Anggaran Bantuan Keuangan Khusus

Sebarkan artikel ini
Kepala Bagian Kerja Sama Biro Pemerintahan dan Otda Sekretariat Daerah Sumbar, Zaki Fahminanda bersama tim meninjau Geopark Harau.Ist

PADANG –  Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyalurkan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan sharing pendanaan untuk pengembangan Geopark Harau.

Dalam pelaksanaan itu, Pemprov Sumbar melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi kerjasama dengan Kabupaten Limapuluh Kota tentang pengembangan dan pembangunan Kawasan Wisata Geopark Harau.

“Monitoring dan evaluasi ini untuk memastikan semua kegiatan berjalan sesuai jadwal dan perencanaan hingga bisa selesai sesuai target,” kata Kepala Bagian Kerja Sama Biro Pemerintahan dan Otda Sekretariat Daerah Sumbar, Zaki Fahminanda, S.STP, M.PA di Padang, Kamis (6/7/2023).

itu menyebut kerja sama pengembangan dan pembangunan wisata ini dibiayai anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dengan skema sharing pendanaan dari Pemprov Sumbar sebanyak 40 persen dan Limapuluh Kota sebanyak 60 persen.

BACA JUGA  Road to WIES 2025, Perkuat Citra Sumbar jadi Daerah Industri Halal Dunia

“Total anggaran kerjasama sebanyak Rp20 miliar. Kegiatan ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023,” katanya.

Disebutkannya, kerjasama pada 2023 difokuskan untuk pembangunan sejumlah fasilitas guna mendukung pengembangan Geopark Harau agar bisa menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

Kegiatan berupa berupa pembangunan pentas untuk pertunjukan seni, pembangunan tembok penahan/normalisasi sebagai wahana wisata air, pembangunan mushalla dengan konsep wisata halal, pembangunan ruang terbuka hijau serta pembangunan jalan akses wisata.

Anggota Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) yang menjadi perwakilan dari Inspektorat Sumbar, Yenni mengatakan pihaknya telah mendapatkan gambaran tentang progres pelaksanaan kegiatan melalui pemaparan yang diberikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lima Puluh Kota bersama tim.

BACA JUGA  Investor Hotel Balcone Puji Kemudian Berinvestasi di Sumbar

Dalam pemaparan itu Pemkab Lima Puluh Kota melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga, menyampaikan progres pelaksanaan pembangunan sebagai implementasi BKK berupa pembangunan pentas seni dan mushalla di kawasan wisata harau sudah tanda tangan kontrak dan telah dimulai pembangunan fisiknya.

Kemudian pembangunan tembok penahan/normalisasi sebagai wahana wisata air pada tahap akan penandatanganan kontrak sedangkan pembangunan Ruang Terbuka Hijau dan Pembangunan jalan akses wisata Harau telah mencapai 100 persen.

Comment