Ekonomi

Selama Ramadan 1444 H, Pemprov Hadirkan Semarak Ramadan di Masjid Raya Sumbar

292
×

Selama Ramadan 1444 H, Pemprov Hadirkan Semarak Ramadan di Masjid Raya Sumbar

Sebarkan artikel ini
Asisten II Setdaprov Sumbar, Wardarusmen.Ist

PADANG – Selama Bulan Ramadan 1444 Hijriyah/2023 nanti, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) menghadirkan Semarak Ramadan di kawasan Masjid Raya Sumbar.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melalui Asisten II Setdaprov Sumbar, Wardarusmen mengatakan, Semarak Ramadan ini hadir lima hari setelah puasa awal Ramadan.

Dengan adanya kegiatan Semarak Ramadan di Masjid Raya Sumbar ini, maka selama ramadan diharapkan masjid yang menjadi ikon Provinsi Sumbar itu akan tetap ramai.

“Jadi melalui Semarak Ramadan nanti, masyarakat yang datang ke Masjid Raya Sumbar ingin ibadah salat tetap fokus ibadah. Tapi juga nanti ada aktivitas ekonominya juga di kawasan masjid ini,” ungkap Wardarusmen, Selasa (7/2).

BACA JUGA  Vaksin Berhasil, Inggris Tidak lagi Mewajibkan Masker

Aktivitas ekonomi yang dihadirkan berupa aktivitas jual beli takjil atau pabukoan. Juga ada kegiatan berbuka puasa gratis di masjid ini nantinya.

“Jadi kita menyediakan tempat untuk penjual pabukoan. Tapi tentunya pabukoan yang dijual diseleksi, harus yang higienis. Selain itu, juga kita sediakan tempat bagi masyarakat yang ingin berbuka puasa di masjid ini. Gratis,” terangnya.

Melalui Semarak Ramadan di Masjid Raya Sumbar nanti, juga disediakan tempat bagi khusus pangan yang sudah memiliki merek terkenal atau branded. “Juga ada kita sediakan tempat untuk pangan yang mereknya sudah top atau branded. Juga ada tempat bagi produk-produk UMKM dan IKM,” terangnya.

Selain menghadirkan tempat aktivitas ekonomi, Semarak Ramadan di Masjid Raya Sumbar yang akan dibuka pukul 14.00 WIB hingga malam setiap harinya, juga ada aktivitas keagamaan, seperti lomba-lomba dan lainnya. “Ada lomba salat jenazah dan lainnya,” terangnya.

BACA JUGA  Ribuan UMKM Luak Agam Berada di Bawah Binaan Hipmikindo 

Seluruh kegiatan untuk mengisi Semarak Ramadan ini nantinya melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumbar nantinya.

“Jadi intinya Semarak Ramadan di Masjid Raya Sumbar ini, selama ramadan masjid ini jadi ramai orang beribadah, dari sisi ekonomi juga ada aktivitas masyarakat,” harapnya.

Selain kegiatan Semarak Ramadan, sebelumnya, Mahyeldi juga mengajak agar aktivitas belajar siswa selama Ramadan agar dimaksimalkan dilaksanakan di masjid.

Comment