Budaya

Ota Lapau Jumat Curhat, Tempat Masyarakat untuk Mengadu

247
×

Ota Lapau Jumat Curhat, Tempat Masyarakat untuk Mengadu

Sebarkan artikel ini

SOLSEL — Kapolsek Sungai Pagu Polres Solok Selatan, menghimbau masyarakat untuk dapat memberi masukan dan kritikan terhadap pelayanan dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

“Kami saat ini memiliki program ‘Ota Lapau, Jumat Curhat’ yang dilaksanakan secara bergantian di setiap nagari di wilayah hukum Polsek Sungai Pagu. Pada saat itu masyarakat dapat memberikan masukan dan kritikan terhadap pelayanan dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat, “ujar Kapolsek Abai Sungai Pagu Iptu Azwar Zamzami, Kamis (26/1/23).i.

Dia mengatakan, program ota lapau jumat curhat itu dilaksanakan setiap Jumat di nagari yang berbeda setiap minggunya. Dimana kegiatan ini dilaksanakan di lapau atau warung di nagari, hal ini dilaksanakan agar pada saat kegiatan tidak terlalu formal sehingga masyarakat dapat bebas dalam berinteraksi.

BACA JUGA  Untuk Aktualisasi Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Pemprov Sumbar Terbitkan Buku Pedoman Pengamalan ABS-SBK

kegiatan itu telah dilaksanakan sebanyak empat kali di lokasi yang berbeda. Dimana saat kegiatan di nagari menghadirkan perangakat nagari, niniak mamak, tokoh masyarakat, bundo kanduang dan pemuda.

“Masyarakat dapat langsuang memberikan masukan dan kritikan, baik itu masalah yang terjadi di tengah masyarakat maupun pelayanan yang diberikan serta dapat bertanya tentang masah hukum,” katanya.

Dijelaskan Kapolsek, masyarakat dapat
melaporkan dan memberitahu apa yang ada di tengah masyarakat, apa hal yang terjadi di tengah masyarakat, baik secara umum maupun itu kejadian yang khusus.

Seperti permasalahan ditengah masyarakat, terjadi persisihan dan hal lainnya, jika masih bisa dilakukan penyelesaian tingkat bawah, maka diharapkan memang itu yang terjadi, jangan sampai langsuang ke kantor polisi.

BACA JUGA  Sudah 80 Persen Masjid Laksanakan Jumat, Sawahlunto Berpeluang Selenggarakan Idul Fitri

“Permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, jika itu masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan, diharapkan peran niniak mamak bersama perangkat nagari dan tokoh masyarakat untuk dapat mencarikan jalan terbaik,” sebutnya.

Dia berharap, melalui program ini, permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat bisa diselesaikan ditingkat
bawah, sepanjang itu tidak menyalahi aturan.

Comment