Nasional

Rakernas XV Apeksi 2022 Walikota se Indonesia Resmi Ditabuh, Sikap Isu Strategis Nasional

260
×

Rakernas XV Apeksi 2022 Walikota se Indonesia Resmi Ditabuh, Sikap Isu Strategis Nasional

Sebarkan artikel ini

PADANG – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XV di Kota Padang selama 7-10 Agustus 2022 resmi dimulai dengan mengangkat tema “Kota Kita Bangkit, yang Maju yang Bersinergi”.

Event akbar yang diikuti 98 Wali Kota se-Indonesia itu pun dibuka Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Hotel Truntum Padang, Senin pagi (8/8/2022).

Mendag RI Zulkifli Hasan foto bersama Walikota Padang Hendri Septa

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Mendag Zulkifli Hasan bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi serta Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Terlihat hadir di kesempatan itu unsur Forkopimda Sumbar dan Padang serta unsur terkait lainnya, Ketua Komwil I-6 APEKSI, Ketua Dewan Pengawas APEKSI serta Direktur Eksekutif/Sekretaris Dewan APEKSI.

BACA JUGA  Danlantamal II Padang Panen Raya Serta Pembagian Paket Sembako kepada Masyarakat 

Mendag RI Zulkifli Hasan mengapresiasi kekompakan asosiasi pemerintah kota dan berharap pemerintah kota mempunyai inovasi-inovasi untuk kemajuan kotanya masing-masing.

Ia pun berpesan akan pentingnya peran pemerintah kota saat ini untuk meningkatkan kinerja perdagangan di samping sektor penting lainnya. Mulai dari melakukan stabilisasi harga bahan pokok, kolaborasi pengawasan hingga optimalisasi transformasi digital dan peningkatan ekspor daerah.

Peserta Apeksi foto bersama

“Kita harapkan melalui Rakernas APEKSI XV ini masing-masing pemerintah kota saling bersinergi dan berkolaborasi memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya khususnya di sektor perdagangan. Begitu juga mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan lainnya,” pesan Zulkifli.

Mendag juga berpesan melalui pelaksanaan Rakernas APEKSI XV, para Wali Kota se-Indonesia bisa menghasilkan kiat-kiat serta kolaborasi dan sinergi antar pemerintah kota dalam menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok serta harganya yang semakin terjangkau.

BACA JUGA  Angka Pengangguran Tinggi, Vasko: Pemerintah Harus Dorong Terbukanya Lapangan Pekerjaan Baru

“Kita juga harapkan stabilitas politik dan keamanan bangsabtetap terjaga,” cetus Menteri.

Comment