Kota Padang

Ketua DPD LPM Padang Serahkan SK LPM Gunung Pangilun,  Irwan Basir : LPM Bukan Bawahan Lurah

379
×

Ketua DPD LPM Padang Serahkan SK LPM Gunung Pangilun,  Irwan Basir : LPM Bukan Bawahan Lurah

Sebarkan artikel ini

PADANG – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat adalah lembaga yang lahir untuk mengayomi kepentingan masyarakat dan bukan kepentingan sebuah golongan tertentu atau kepentingan politik. Karena tugasnya adalah memberdayakan masyarakat maka LPM berperan untuk menggali potensi-potensi yang ada ditengah masyarakat demi meningkatkan partisipatif masyarakat untuk pembangunan di daerahnya.

Hal itu diungkapkan kKetua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rj  Alam, SH.MM pada acara Halal bi Halal Pengurus LPM Kelurahan Gunung Panggilun sekaligus penyerahan SK Ketua LPM Kelurahan Gunung Panggilun  di Cafe Pucuak Merah Gunung Panggilun Kecamatan Padang Utara Kota Padang, Selasa (24/5/2022 ).

Ketua DPD LPM Padang Irwan Basir Dt Rj Alam salam komando dengan Wahyu Iramana Putra

Dikatakan Irwan, sebagai mitra dari kelurahan, LPM berperan membantu pemerintahan kelurahan agar program-program pemerintah dapat berjalan sesuai dengan rencana.

BACA JUGA  Dapat Bantuan Peralatan RDF dari KLHK, Wako Padang Ucapkan Terimakasih pada Semen Padang

” LPM itu adalah mitra Lurah dan bukan bawahan Lurah. Peran LPM dikelurahan adalah menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, menggerakan swadaya masyarakat dan memberdayakan masyarakat untuk turut serta terlibat dengan pembangunan di daerahnya. Lurah bersama LPM harus bersinergi dalam bekerja. Dengan begitu segala apa yang direncanakan akan terlaksana dengan baik, “, erang Irwan.

Dalam meningkatkan swadaya masyarakat untuk program pembangunan, pihak kelurahan tidak akan bisa bekerja secara maksimal tanpa melibatkan LPM dan ketua RT dan RW.

” Seperti kita ketahui fungsi LPM itu meningkatkan swadaya masyarakat secara partisipatif dan menggerakkan swadaya gotong royong. Contohnya, dalam pelaksanaan manunggal. Masyarakat dengan sukarela menyumbangkan tanahnya tanpa ada ganti rugi sedikitpun. Pengerjaannya juga dengan semangat gotong royong. Itu adalah peran LPM dengan pendekatannya yang persuasif sehingga masyarakat bersedia menyumbang. Ini saja sudah sangat membantu Lurah dalam melaksanakan program pembangunan. Jadi kalau ada Lurah atau Camat yang tidak sejalan dengan LPM nya, ini keliru sekali dan itu sangat merugikan Camat atau Lurah itu sendiri “, ucap Irwan.

BACA JUGA  Lebaran, Timbunan Sampah Naik 170 Persen di Padang

Comment