Budaya

Pimpin Kaum Suku Koto Nan Baranam, Irjen. Pol. Angesta Romano Yoyol Bergelar Datuak Bagindo Sati

487
×

Pimpin Kaum Suku Koto Nan Baranam, Irjen. Pol. Angesta Romano Yoyol Bergelar Datuak Bagindo Sati

Sebarkan artikel ini
Prosesi pemasangan pakaian adat dalam malewakan gelar Kaum Suku Koto Nan Baranam, Irjen. Pol. Angesta Romano Yoyol Bergelar Datuak Bagindo Sati.ist

PADANG – Irjen. Pol. Drs. Angesta Romano Yoyol, M.M resmi bergelar Datuak Bagindo Sati melalui prosesi malewakan gelar adat di kediamannya di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, Jumat (13/5).

Putra terbaik kota sejuk Padang Panjang yang merupakan perwira bintang dua kepolisian. Dia diangkat menjadi salah satu pemimpin kaum Suku Koto Nan Baranam Kanagarian Gunuang. Gelar Datuak Gindo Sati yang disematkan kepada perwira Polri yang akrab disapa Yoyol ini, murupakan hasil musyawarah dan mufakat kaum Suku Koto Nan Baranam.

Turut hadir dalam prosesi itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano, Wakil Walikota Asrul, Ketua DPRD Mardiansyah, Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemko.

BACA JUGA  Panghulu Sikumbang Kambang Edison Rj Indo Hadiri Pelewaan Suhatri Bur Bergelar Datuak Putiah

Wako Fadly menyampaikan ucapan selamat atas dilewakannya gelar Datuak Bagindo Sati kepada perwira tinggi polisi yang merupakan tokoh masyarakat, sekaligus anak kemenakan dari Nagari Gunuang itu.

“Selamat kepada Bapak Yoyol, yang merupakan tokoh masyarakat Kota Padangpanjang. Saat ini beliau dikaumnya didahulukan selangkah, ditinggikan seranting. Semoga menjadi pemimpin kaum yang dapat mengayomi anak kemenakan. Manimbang samo barek, maukua samo panjang,” ungkap Fadly.

Salah seorang niniak mamak kaum Koto Nan Baranam Kenagarian Gunuang, Biswardi Datuak Kayo mengatakan pemberian gala pusako itu terhadap Irjen Pol Angesta Romano Yoyol dengan harapan dapat memimpin anak kemanakan kaum.

Ungkapan yang sama juga disampaikan tokoh masyarakat Aswir Rasyidin Datuak Panjang, pengangkatan Irjen Pol Angesta Romano Yoyol bergelar Datuak Bagindo Sati dengan harapan agar anak kemanakan kaum bisa mencontoh keberhasilannya.

BACA JUGA  KAN Pauh IX Kuranji  Menggapai Asa Menjadi Terbaik di Sumbar

“Sama-sama kita ketahui bahwa Datuak Bagindo Sati merupakan sosok yang berhasil dan memulai dari bawah. Ini yang kita harapkan kepada anak kemanakan di kaum, untuk bisa mencontoh keberhasilan Datuak Bagindo Sati. Dan sebaliknya kepada Datuk Bagindo Sati, diharapkan tentunya juga bisa mengayomi agar anak kemanakannya juga turut sukses,” tutur Datuk Panjang.

Comment