Olahraga

KONI Padang Tak Dukung Kejuaraan Renang Antar Klub se-Sumatera

398
×

KONI Padang Tak Dukung Kejuaraan Renang Antar Klub se-Sumatera

Sebarkan artikel ini
Kejuaraan renang antar klub se Sumatera di Kolam Renang Teratai Kompel GOR AGus Salim Padang

PADANG-KONI Padang tidak mendukung kegiatan Kejuaraan Renang Antar Club se Sumatera yang dihelat Klub Renang Lumba Lumba dan Media Intrust di Kolam Renang Teratai Kompeks GOR H Agus Salim, 10-11 Januari 2022.

Hal itu menyusul surat KONI No. 6/K-PDG /KU/I/2022 tanggal 9 Januari, perihal surat pembatalan dukungan terhadap kejuaraan antar klub se Sumatera. Surat tersebut ditandatangani Ketua KONI Padang Yusra Syarif MS.

Alasan KONI Padang membatalkan dukungan terhadap kejuaraan tersebut karena Klub Renang Lumba Lumba tak terdaftar di Pengcab PRSI Padang.

“Selain itu berdasarkan surat Pengcab PRSI Padang No. 001/KU/PRSI.PDG/I2022  tanggal 3 Januari 2022, tentang prihal bahwa PP Lumba Lumba Swimming Championship 2022 tidak melakukan rekomendasi dengan Pengcab PRSI Padang,” ujar Ketua KONI Padang Yusra Syarif, Senin (10/1).

BACA JUGA  Ratusan Atlet Taekwondo Ikuti Para Atlet Try In Taekwondo 

Dikatakan Yusra,  ia bukan sepihak  sepihak dalam menuikapi soal kejuaaran ini, namun ini aturan sudah baku dari KONI Padang. Kemudian, setelah berkomunikasi dengan Pengcab PRSI Padang ternyata bukan Lumba Lumba bukan klub renang yang tidak terdaftar di PRSI Kota Padang. Maka disarankan dipersilahkan selesaikan statusnya di Pengcab PRSI Padang terlebih dahulu dulu.

Ketua Klub Renang Lumba-Lumba Kota Padang Damsir mengungkapkan, klub renang Lumba Lumba yang dipimpinnya, jangankan terdaftar di Pengcab PRSI Kota Padang di PB PRSI pusat saja Klub Renang Lumba Lumba ini sudah terdaftar sejak tahun 1972. “Sedangkan, di Pengcab PRSI Padang Klub Renag Lumba Lumba sudah terdaftar sejak tahun 1980-an,” ujar Dafsir.

BACA JUGA  Partab Gojek Juara III Porgerus Cup, BBTC Bertemu Pasie Nan Tigo di Final

Lain lagi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Padang Afrinaldi mengaku, cukup bersyukur dengan kejuaraan Renang Antar Klub se Sumatera ini, sehingga  memberikan efek ekonomi terhadap Kota Padang. “Karena tamu tamu yang berdatangan dari seantero Pulau Andalas Sumatera ini pasti mereka berbelanja di Kota Padang. Jadi tidak ada alasan kita untuk tidak memdukung kejuaraan renang se Andalas ini,” ujar Afrinaldi.

Kemudian, kata Afrinaldi, tidak itu saja juga berdampak terhadap usaha hotel di Kota Padang, sebab kamar hotel penuh. Selain itu, pasca kejuaraan ini peserta yan datang bersama keluarganya  diyakini akan mengunjungi objek wisata yang ada di Kota Padang khsusunya dan Sumbar umumnya. “Artinya, kegiatan kejuaraan renang ini perlu mendapatkan dukungan dari segala pihak, selain menggairahkan iven olahraga kembali, yang terpuruk akibat dampak pandemic Covid-19,” ujar Afrinaldi. (drd)

BACA JUGA  Ketum KONI Tabuh Pelaksanaan Musorprov POBSI Sumbar

Comment