Budaya

Suardi Dt Rj Bujang Turunkam Gelar Rj Bandaro Kayo ke Kemenakan

304
×

Suardi Dt Rj Bujang Turunkam Gelar Rj Bandaro Kayo ke Kemenakan

Sebarkan artikel ini

PADANG-Ninik mamak suku Caniago Nagari Pauh IX Kuranji Kota Padang batagak gala terhadap anak kemenakan yang telah diterima lima suku. Batagak gala terhadap anak kemenakan di dalam limbago payung Pangulu Caniago Nagari Pauh IX Kuranji, Sabtu malam (26/12 /2020).

Anak kemenakan suku Caniago ini melangsungkan persepsi pernikahannya di rumah orang tuanya di Ampang Kecamatan.
Gala mudo diturunkan kepada anak kemenakan bernama Koko bergelar Rajo Bandaro Kayo. Koko Rj Bandaro Koyo diterima orang lima akan menjadi urang sumanado di Jorong Taratak Batuang Nagari Padang Laweh Kabupaten Sijunjung.

Pangulu Suku Caniago Ampek Buah Paruik Tapian Koronggadang Nagari Pauh IX Suardi Dt Rajo Bujang mengarahkan, agar anak kemenakan yang telah diturunkan galanya Rajo Bandaro Kayo telah diterima di lima suku dalam nagari. “Maka pandai pandailah membawakan diri, dalam pergaulan yang sesuai dengan nilai nilai adat dan agama,” ujar Dt Rj Bujang.

BACA JUGA  Sekitar 25 Ribu Ekor Anjing Dijual ke Sumbar Setiap Tahun

Dikatakan Dt Rj Bujang, jangan sekali kali meninggalkan perintah agama lima waktu sehari semalam. Dan pandai pandai bertutur kata, mandi di bawah bawah, mengecek marandah randah. Jangan sekali kali berjalan membusungkan dada. Supaya ndak elok sepamandangan hidup bakorong bakampuag banagari. (rjk)

Comment