Nasional

Jokowi Puji Kehangatan Warga Padang sambut MTQ Nasional 2020

162
×

Jokowi Puji Kehangatan Warga Padang sambut MTQ Nasional 2020

Sebarkan artikel ini
Pembukaan MTQ Nasional ke 28 dengan atraksi dan tarian kolosan di Main Studion, Sikabu Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020) malam.ist

PADANG PARIAMAN – Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi MTQ Nasional ke-XXVIII tahun 2020 secara virtual menyampaikan, penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al Qur’an, serta menegakkan syiar Islam. Jokowi memuji kehangatan warga Kota Padang dalam menyambut pelaksanaan MTQ Nasional 2020.

Jokowi juga mengingatkan MTQ dan pemahaman Al-Quran dapat memperkokoh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Bagi kaum muslimin, Al Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa. Berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. Al Qur’an mengajak semua manusia untuk bekerjasama dalam ketaqwaan dan kebaikan.

BACA JUGA  Wasrik Berakhir, Jadikan Temuan Sebagai Motivasi Semangat Kerja ke Depan

“Dalam menjalankan Al Quran, kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW. Kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al Qur’an. Menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama. Kita semua sebagai umatnya harus meneladani kemuliaan akhlak Nabi tersebut,” kata Jokowi.

Dalam MTQ ini akan tampil qari-qariah, hafiz-hafizah, dan mufasir-mufasirah terbaik dari seluruh Indonesia. Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat. Berlomba meraih prestasi. Berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif, dan yang berkarakter Islami sebagaimana akhlak Rasulullah.

Dengan demikian, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Qur’an, tapi jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al Qur’an, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka. Yang sangat penting, sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimat.

BACA JUGA  Serius Pindah Ibu Kota, Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

“Saya yakin dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslimin dan muslimat. Tapi, juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah Saw. baik ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, maupun ukhuwah insaniyah,” sebutnya.

Comment