HukumUmum

Pokdar Kamtibmas Kota Padang Dikukuhkan, Wakapolda Minta Jaga Nama Baik Polri di Tengah Masyarakat

232
×

Pokdar Kamtibmas Kota Padang Dikukuhkan, Wakapolda Minta Jaga Nama Baik Polri di Tengah Masyarakat

Sebarkan artikel ini

PADANG – Kapolda Sumbar melalui Wskapolda Brigjen Pol Edi Mardianto Sik MSi kukuhkan pengurus Pokdar Kamtibmas wilayah VII, yang terdiri dari Pokdar Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai di Rocky Hotel Plaza, Rabu (30/9/2020). Pelantikan dua Pokdar ini tetap memperhatikan protokoler kesehatan Covid-19.

Wakapolda Edi Mardianto menuntut, pengurus Pokdar Kamtibmas menjadi solusi membantu tugas-tugas kepolisian dibidang keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat.

Ketua Pokdar Kamtibmas Kota Padang DR Akmal beri kata sambutan

“Membantu Polri di bidang sosial, kepatuhan masyarakat terhadap hukum dan per undang undangan yang berlaku,” ujar Wakapolda.

Kemudian, diminta kepada pengurus Pokdar Kamtibmas berada supaya menjaga nama baik institusi Polri. Karena Pokdar Kamtibmas ini merupakan mitra polisi dalam membantu mengawal Kamtibmas yang ideal. Dengan tujuan mencari akar permasalahan untuk menjaga situasi Kamtibmas aman dan tertib.

BACA JUGA  Hari Tanpa Kantong Plastik Dunia, Pemerintah Akan Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Bupati Mentawai Yudas Sabagalet mengatakan, keberadaan Pokdar Kamtibmas cukup strategis dalam membantu polisi mewujudkan Kamtibmas di tengah tengah masyarakat.” Ini salah satu upaya efektif mengawal Kamtibmas. Di samping itu juga dilibatkan dalam menertibkan masyarakat dalam pandemi Covid-19 ini,” ujar Yudas.

Sebab, ujar Yudas, salah satu formula untuk memutus mata rantai itu adalah ketertiban dan kesadaran masyarakat. Sebab, jika tidak ada ketertiban dan kesadaran maka bakal tetap rumit dalam menangani Covid-19 ini.

Ketua Pokdar Kamtibmas Padang DR Akmal mengatakan, Pokdar Kamtibmas ini bisa menumbuhkan kemampuan daya tanggkal,cegah dan lawan masyarakat terhadap semua gangguan dan ancaman terhadap segala gangguan Kamtibmas.

“Menciptakan dan memelihara harkamtibmas,mengidentifikasi akar permasalahan serta pemecahan masalah dng prinsip alternatif dengan bermusyawarah berbasis kearifan loka,” ujar Akmal.

BACA JUGA  Hari Terakhir, Nakes Lantamal II dalam Kegiatan Vaksinasi di Mapolda Sumbar

Kapolresta Padang AKBP Imran Amir mengatakan, keberadaan Pokdar Kamtibmas ini untuk penyelesaian masalah masalah yang terjadi di tengah masyarakat, yang tidak harus harus bermuara ke meja hijau di pengadilan.” Tapi, bisa diselesaikan secara nilai nilai kearifan lokal, disinilah peranan Pokdar Kamtibmas ini,” ujar Kapolresta.

Comment