Pariwisata

Gawat..!!! Mentawai Paling Rentan Terpapar Virus Korona di Sumbar

132
×

Gawat..!!! Mentawai Paling Rentan Terpapar Virus Korona di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memimpin rapat koordinasi Kesiapsiagaan terhadap virus korona, bersama Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday dan Asisten III Setdaprov Sumbar, Senin (9/3/2020).ist

PADANG – Banyak turis keluar masuk, Kepulauan Mentawai rawan terpapar virus korona. Untuk itu Pemprov Sumbar memperketat seluruh jalur pintu masuk kedatangan dan keberangkatan domestik dan luar Negeri.

Kunjungan itu, baik itu melalui pintu kedatangan Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Pelabuhan maupun wilayah perairan Samudera Hindia.

“Kita sudah rapat koordinasi dengan seluruh instansi terkait. Rapat ini, dalam rangka menangkal atau mengantisipasi masuknya corona ke Sumbar. Ini adalah Langkah antisipasi penyebaran corona. Kepulauan Mentawai yang menjadi salah satu destinasii tujuan wisatawan asing, juga menjadi fokus utama kita,”kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai rapat koordinasi Kesiapsiagaan terhadap virus korona, Senin (9/3/2020).

BACA JUGA  Menyusuri Megahnya Masa Lalu di Kawasan Kota Tua, Kota Padang

Salah satu hasil rapat tersebut kata Nasrul Abit, beberapa diantaranya adalah memperketat seluruh jalur pintu masuk dari luar negeri. Kemudian, meningkatkan sistem pengawasan dan pemeriksaan. Terutama, bagi mereka yang diduga terjangkit COVID-19.

“Semua pintu masuk dari luar negeri harus diperketat. Kemudian, pemeriksaannya kita serahkan ke kantor Kesehatan pelabuhan (KKP). Yang perlu penanganan lanjutan, segera hubungi rumah sakit setempat. Data semua mereka yang diduga terjangkit penyakit ini. Jika ada, maka semua di drop ke RS M Djamil Padang. RS M Djamil Padang dalam hal ini betul-betul sudah siap,”ujar Nasrul Abit.

Dikatakannya, Mentawai selama ini banyak turis asing yang datang dengan kapal. Kemudian pergi lagi. Bahkan, mereka semuanya berinteraksi dengan warga lokal.

BACA JUGA  Belasan Anak 'Punk' Serang Mako Satpol PP Padang, Seorang Petugas Terluka

Selain itu, kita juga meminta kepada otoritas Keimigrasian untuk meningkatkan pengawasan. Karena, ada beberapa Negara yang warganya sudah dilarang masuk ke Indonesia. Tentunya, Jika dilarang masuk ke Indonesia, tentu juga dilarang masuk ke Sumatera Barat.

Tak hanya itu saja, Nasrul Abit juga menegaskan, kalau Pemprov Sumbar juga meminta kepada Dinas Pariwisata Kepulauan Mentawai untuk segera menggelar rapat koordinasi dengan asosiasi resort yang ada Disana untuk, lebih waspada. Bahkan, untuk sementara waktu, tidak menerima dulu tamu-tamu dari negara yang sudah dilarang terbang ke Indonesia.

Comment