Budaya

Urak Balabek Nagari Pauh IX Kuranji, Tiga Legislator Dilewakan jadi Guru Tuo

221
×

Urak Balabek Nagari Pauh IX Kuranji, Tiga Legislator Dilewakan jadi Guru Tuo

Sebarkan artikel ini

PADANG-Tiga legislator Kota Padang dilewakan menjadi guru tuo Silek Pauh menyusul dikilekan pedangnya dalam Urak Balabek di medan bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji Kota Padang Sumbar , Sabtu malam (29/2/2020 ). Ketiga anggota dewan tersebut Mastilizal Aye Rj Intan, Zulhardi Z Latif Rj Bungus dan Zalmadi  Malin Basa.

Ketiga anak Anak Nagari Pauh IX ini dilewakan menjadi guru tuo, dikilek an padangnya oleh guru gadang tapian mereka masing masing. Bahkan, dihadiri pemangku adat sukunya.

Aye Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Mastilizal Aye dilewakan sebagai Guru Tuo Silek Pauh dari Tapian Koto Nan Baduo Kalumbuk. Ia dikilekan pedangnya oleh guru gadang tapian Kalumbuk Zulmi dihadiri Rangtua Koto Nan Baduo dan cadiek pandai Koto Nan Baduo Zul Akmal Naro Rj Jambi.

BACA JUGA  Lewakan Pandeka Perguruan Karang Indah, Mahyeldi: Silek Jati Diri Minangkabau

Sedangkan, Zulhardi Z Latif Rj Bungsu dikilekan pedangnya oleh Guru Gadang Tapian Jambak Nan Batujuh Kuranji, yang dihadiri Pangalunya Irwan Basir Dt Rajo Alam,yang sekaligus Ketua MPA KAN Pauh IX.

Kemudian menyusul, politisi dari partai berkarya Zalmadi Malin Basa dikilekan pedangnya oleh guru gadang dari Tapian Jambak Nan Baduo Gunung Sarik. Setelah dilewakan menjadi guru tuo silek Pauh, ketiga politisi dari Nagari Pauh IX sudah disirahkan sirihnya dan dikuniangan bak kuniek.  Karena mereka telah mengisi adatnya dan dituang limbagonya.

Ketua pelaksana Urak Balabek Pauh IX Kuranji Kota Padang Erman Jamal mengatakan, urak Balabek ini merupakan tradisi dan budaya prosesi mengangkat guru silat Pauh di sembilan tapian yang ada di Kanagarian Pauh IX Kuranji. ” Prosesi melewakan jadi guru tuo ini melalui proses yang sakral bagi pesilat dengan mengilekan pedangnya oleh guru gadang dari tapian mereka masing masing. Prosesi ini bagian dari sebagai anak lelaki di Ranah Minang khususnya di Nagari Pauh IX yang belajar beladiri tradisi pencak silat pauh,” ujar Erman.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan 1445 H, Budi Syukur : PKPS Bakal Gelar Tradisi Balimau Pasisia di Kota Padang

Dikatakan Erman,  mengilekan pedang  disambut  baik Pemko Padang, ninik mamak pandeka dan penghulu tapian dengan disaksikan oleh ninik mamak sehamparan di Medan Bapaneh tersebut. Di sisi zahirnya belajar silat itu merupakan mencari kawan, sedangkan di batinya mencari Tuhan (Allah SWT). Kegiatan, merupakan bagian implementasi adat basandi syarak-syarak basandi Kitabbullag (ABS-SBK).

Comment