Ekonomi

Maritim Center Dibangun, Nelayan Muaro Padang Diminta Pindah ke Bungus

275
×

Maritim Center Dibangun, Nelayan Muaro Padang Diminta Pindah ke Bungus

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat meninjau langsung kondisi nelayan di Muaro Padang.

PADANG – Pelabuhan Muaro Kota Padang, bakal disulap menjadi kawasan maritim center. Kawasan ini dibangun oleh Pelindo yang mebutuhkan anggaran sekitar Rp500 miliar.

Maritim Center itu merupakan menjadi pelabuhan Muaro ojek wisata. Pengunjung akan mendapatkan suasana pelabuhan dan edukasi terkait pelayanan. Selain tempat wisata juga menjadi sarana penunjang pariwisata di Kota Padang. Karena Pelabuhan Muaro menjadi titik menuju sejumlah pulau, terutama Mentawai.

Sementara untuk penunjangnya, Kementrian Pekerjaan Umum melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V akan melakukan normalisasi Batang Arau, berupa pengerukan. Sementara untuk pembangunan kawasan dilakukan oleh Pelindo.

“Ini penting, akan berpengaruh bagi perkembangan perekonomian Kota Padang, Sumbar umumnya,”sebut Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit Kamis (9/1/2020) di Kantor Gubernur Sumbar.

BACA JUGA  Normalisasi Intake Baringin, Semen Padang Selamatkan 120 Ha Sawah dari Kekeringan

Dikatakannya, pembangunan dilakukan pada 2020 secara berkelanjutan. Kegiatan itu juga didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

“Jadi nantinya dikoordinir oleh Kemko Kemaritiman,”sebutnya.

Pembangunan itu diantaranya pengerukan Muaro Padang sepanjang 1,2 Km dari mulut muara arah hulu. Dengan itu dermaga bagi kapal pesiar akan ditarik ke hulu, begitu juga dengan dermaga kapal barang ditarik ke dalam.

Dengan rencana itu, nalayan yang ada sekarang disarankan pilih tempat ke Bungus. Karena di Bungus sudah ada fasilitasnya, dokingnya dan ketersediaan bahan bakar solar.

Setidaknya ada 100 nelayan yang akan terdampak dengan proyek ini. Untuk mereka diharapkan memilih Bungus, apalagi pelabuhan Bungus adalah Tipe A mampu menampung 50 ton perhari, sekarang baru 11 ton.

BACA JUGA  RM Kincia Tuo, Manjakan Selera Pelanggan dengan Gulai Ayam Kamumue

Selain Bungus ada pilihan Muaro Anai, hanya saja fasilitas nelayan belum memadai. Selain harus menunggu pengerukan mulut muara Batang Anai, juga belum ada fasilitas pendingin, pabrik es dan ketersediaan bahan bakar jenis solar.

Guna menyikapi kondisi itu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit sudah melakukan peninjauan pada tiga dermaga tersebut. Agar tidak memunculkan gejolak dan kekhawatiran dari para nelayan yang telah lama ada di Muaro Padang. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama PT Pelindo, Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, dan Balai Wilayah Sungai Sumatera V, mengambil langkah untuk mencarikan muara atau pelabuhan yang cocok bagi nelayan yang ada di Muaro Padang memulai aktifitas di tempat yang baru.

BACA JUGA  Bantu Korban Gempa, Minang Diaspora Langsung Sasar ke Rumah rumah Terdampak di Pasaman dan Pasbar 

Comment