Ekonomi

Dirut PDAM Padang Jabat Ketua DPD Perpamsi Sumbar, Hendra Pebrizal Siap Bantu Sehatkan PDAM Anggota

217
×

Dirut PDAM Padang Jabat Ketua DPD Perpamsi Sumbar, Hendra Pebrizal Siap Bantu Sehatkan PDAM Anggota

Sebarkan artikel ini
Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang, Hendra Pebrizal dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) Sumbar, Selasa (12/11) malam di hotel Pangeran Beach.ist

PADANG – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang, Hendra Pebrizal dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (Perpamsi) Sumbar, Selasa (12/11/2019) malam di hotel Pangeran Beach. Pelantikan mengisi kepengurusan sebelumnya dalam pergantian antar waktu.

Kepengurusan DPD Perpampsi Sumbar diisi oleh Hendra Pebrizal selaku ketua, Dirut PDAM Sijunjung Doni Novriedi selaku Sekretaris dan Dirut PDAM Kota Sawahlunto Arifman selaku sekretaris.

Kepengurusan Perpamsi Sumbar dilantik oleh Ketua DPP Perpamsi yang diwakili Wakil Ketua Umum Perpampsi Benny Andrianto. Pelantikan juga dihadiri sejumlah pengurus lainnya dari PDAM di Sumbar.

Wakil Ketua DPP Perpamsi Benny Andrianto dalam kesempatan itu mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah mendesak bagi Perpamsi. Diantara “pekerjaan rumah” tersebut adalah menyehatkan Perusahaan Daerah Air Minum, sebab masih banyak PDAM yang sakit.

BACA JUGA  BWS Sumatera V Buka Warung Berkah, Sediakan Lontong Cuma Rp2 Ribu Perporsi

“Baru sekitar 53 persen PDAM di Indonesia yang sehat, sebagianya masih sakit. Sedangkan di Sumbar ada lima atau empat PDAM yang perlu disehatkan. Ini butuh peran Perpamsi mendorongnyo untuk bisa tumbuh sehat,” kata Benny kepada wartawan usai pengukuhan.

Menurut Benny, untuk mencapai bisa sehat, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan pelayanan. Selain itu, penyesuaian tarif yang full cost recovery juga perlu dilakukan agar pengoperasian tidak terkendala.

“Masalahnya sulit mengaplikasikan ini karena perlu pemahaman bersama dengan Kepala Daerah dalam penyesuaian tarif,” ujar Benny.

Itu yang pertama, sebutnya, yang kedua adalah peningkatan kapasitas SDM. Mereka harus memiliki kemampuan teknis yang memadai, sehingga mereka bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) secara efisien.

BACA JUGA  Dukung Penanganan Kemiskinan Ekstrem di Sumbar, Semen Padang Salurkan Bantuan Semen

“Dua itu bagian yang paling penting,” tegas Benny.

Benny juga berpesan ke depan pengurus daerah hendaknya juga menjalin komunikasi yang baik dengan pengurus pusat. Selain itu juga memberikan masukan, sehingga Permpamsi ke depan menjadi lebih solid.

“Untuk itu ke depan bagaimana tukang ledeng ini menjadi dibutuhkan. Karena lima tahun lagi air akan menjadi primadona layaknya jaringan listrik,”sebutnya.

Comment