Peristiwa

Sikapi Tragedi Wamena, Irwan Prayitno Minta Masyarakat Tetap Jaga Kerukunan

117
×

Sikapi Tragedi Wamena, Irwan Prayitno Minta Masyarakat Tetap Jaga Kerukunan

Sebarkan artikel ini

PADANG – Gubernur Irwan Prayitno kembali mengingatkan masyarakat Minang baik di ranah maupun di rantau untuk tetap menjaga kerukunan dalam menyikapi tragedi yang menimpa perantau Minang di Wamena. Sebaiknya masyarakat fokus untuk membantu perantau yang menjadi pegungsi di Wamena saat ini.

Permintaannya itu terkait perantau Minang yang banyak menjadi korban kerusuhan di Wamena, Papua. Permintaannya itu terkait bahasa-bahasa yang beredar di masyarakat, terutama media sosial. Jangan sampai kata-kata memancing emosi yang justru memperkeruh keadaan.

“Saya harap masyarakat jangan menyebabkan pancingan-pancingan. Terutama bahasa-bahasa yang memancing emosi,”sebut Irwan Sabtu (28/9/2019).

Dikatakannya, pihak sudah mengirim utusan langsung ke Wamena. Untuk itu masyarakat lebih baik memastikan kondisi perantau yang ada di Wamena.

BACA JUGA  Pemerintah Nagari Tanjung Kecamatan Sungayang Laksanakan Musyawarah Nagari

“Kita sangat komit untuk membantu, sekarang kita data dulu. Mana yang mau pulang, mana yang ingin tetap tinggal,”katanya usai menelpon Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang sudah berada di Sentani, Jayapura.

Jika nanti sudah didapatkan data siapa yang minta pulang, maka akan dicarikan solusinya. Karena Pemprov Sumbar sudah mengumpulkan biaya untuk membantu perantau tersebut.

“Kita sudah sebarkan nomor rekening untuk membantu,”ulasnya.

Selain itu katanya, sejumlah organisasi perantau juga sudah menggalang dana. Salah satunya Gebu Minang juga sudah menggalang dana.

Untuk diketahui, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Kepala Biro Kerjasama Rantau dan Administrasi Pembangunan, Luhur Budianda, Kepala Biro Bina Mental Syaifullah, Kepala Dinas Sosial Jumaidi sudah berada di Papua.

BACA JUGA  DWP Bukittinggi Raih Juara 1 Sumbar, 5 Kali Berturut-turut

Bagi dunsanak yang berniat ingin membantu duka warga Sumbar terdampak musibah di Wamena Kabupaten Jayawijaya, Papua, kalau tidak ada tempat penyaluran lain, Pemprov Sumbar malalui Biro Bina Bintal Setda Prov Sumbar, menyediakan rekening penampung di:

Bank Nagari, No. Rek 2101.0210.07340-3 Atas Nama Sumbar Peduli Sesama.

Nantinya semua yang menstransfer akan dipublikasikan secara transparan.(Bdr)

Comment